Selasa 19 Oktober 2021, 16:26 WIB

Tumbuhkan Sikap Bertanggung Jawab dalam setiap Berkegiatan

Mediaindonesia.com | Humaniora
Tumbuhkan Sikap Bertanggung Jawab dalam setiap Berkegiatan

MI/Andri Widiyanto.
Suasana Dunia Fantasi, Ancol, Jakarta, Minggu (10/10).

 

PELONGGARAN sejumlah aktivitas berlanjut. Sosialisasi kebiasaan baru dalam berkegiatan harus terus dilakukan agar pemahaman masyarakat terkait tanggung jawab dalam setiap berkegiatan terus meningkat.

"Pelonggaran kegiatan di berbagai sektor terus berlanjut seiring dengan turunnya level PPKM di sejumlah daerah dipicu sejumlah indikator pengendalian covid-19 yang terus membaik. Sikap tanggung jawab dalam setiap berkegiatan harus terus dihidupkan dengan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan," kata Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Selasa (19/10).

Pemerintah kembali melanjutkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 1-4 di Jawa-Bali untuk menekan penyebaran virus korona. Kebijakan itu diperpanjang selama 14 hari, yakni 19 Oktober sampai 1 November 2021. Keputusan tersebut diumumkan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan pada Senin (18/10).

Meski PPKM diperpanjang, pelonggaran pada sejumlah sektor selama masa PPKM terus berlanjut. Pelonggaran itu antara lain seperti pembukaan tempat bermain anak di mal atau pusat perbelanjaan di daerah level 2, penambahan kapasitas bioskop menjadi 70%, dan diizinkannya anak di bawah 12 tahun masuk tempat wisata.

Menurut Lestari, kebijakan pelonggaran tersebut membutuhkan peningkatan sikap tanggung jawab setiap masyarakat dalam berkegiatan. Sikap tanggung jawab itu, jelas Rerie, sapaan akrab Lestari, bisa dalam bentuk membantu memutus rantai penyebaran virus korona lewat disiplin menggunakan masker dan bersedia divaksinasi covid-19.

Memakai masker, tegas Rerie, bisa menjadi upaya kita agar terhindar sebagai penular virus bila kita terpapar. Di sisi lain menggunakan masker sekaligus menjadi tameng kita dari penularan. Sedangkan vaksinasi, tambah anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, meningkatkan imunitas tubuh sehingga mencegah tubuh kita terpapar virus korona.

Baca juga: Menko PMK Sebut Kebijakan Geser Hari Libur Bukti Pemerintah Serius Tangani Pandemi

Di masa pandemi menuju endemi, tegas Rerie, kita membutuhkan gerakan bersama dalam menjalankan setiap kebijakan yang telah ditetapkan para pemangku kepentingan dalam upaya memutus rantai penyebaran covid-19.
Sikap bertanggung jawab terhadap orang lain dan diri dalam setiap berkegiatan, ujar Rerie, harus terus ditumbuhkan untuk membantu langkah pengendalian penyebaran virus korona di Tanah Air. (OL-14)

Baca Juga

MI/ Susanto

Eijkman: Varian Baru Dikhawatirkan Pengaruhi Efektivitas Vaksin

👤Faustinus Nua 🕔Selasa 30 November 2021, 15:50 WIB
vaksin Merah-Putih yang dikembangkan Eijkman memasuki tahap uji pra-klinis di...
Dok.TNE

TNE Jembatani Pendidikan Indonesia dan Inggris

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 30 November 2021, 15:50 WIB
Indonesia adalah salah satu negara prioritas yang mendapat dukungan dari Pemerintah Inggris untuk mengembangkan kerja sama...
AFP

Strategi Badan POM Percepat Kemandirian Vaksin Merah Putih

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Selasa 30 November 2021, 15:45 WIB
Kemandirian dalam produksi vaksinasi dan obat yang harus dibangun salah satunya melalui penelitian dan menjadikannya sebagai satu sentral...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya