Kamis 14 Oktober 2021, 17:11 WIB

Usman Kansong: Kemenkominfo Punya Dua Tugas Sukseskan PON Papua

Ilham Ananditya | Humaniora
Usman Kansong: Kemenkominfo Punya Dua Tugas Sukseskan PON Papua

MI/Arnold Tanti.
Usman Kansong.

 


DIREKTUR Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (Dirjen IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) Usman Kansong mengatakan sejak awal pembentukan panitia Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua, pihaknya memiliki dua tugas utama yaitu mendukung pembangunan jaringan infrastruktur (jaringan internet) dan bentuk mitigasi serta pengadaan informasi publik.

 "Klaster Kabupaten Jayapura, Kabupaten Mimika, dan Kabupaten Merauke untuk pusat informasi (Media Center). Semua itu melengkapi media center PB PON Pusat. Kami juga menyiapkan situs web dan microsite untuk mempermudah teman-teman media dalam mengakses berita-berita PON," tutur Usman secara virtual, Kamis (14/10).

Pihaknya juga memikirkan mengenai penyediaan informasi publik secara gratis. "Di tengah situasi sulit seperti pandemi ini, tidak banyak media yang mengirimkan timnya secara lengkap. Kemenkominfo berpikir untuk membantu dengan penyediaan informasi sekaligus mempersiapkan perimeter bagi stasiun TV untuk melangsungkan siaran langsung," kata Usman.

"Kami juga menyediakan situs web dalam terjemahan bahasa Inggris agar cakupannya meluas hingga skala internasional, khsusunya media Asia Pasifik," harapnya. Pihaknya bersama Staf Presiden (KSP) dan Kementerian Luar Negeri melakukan gagasan dengan mengajak negara-negara sahabat melihat PON Papua.

"Pada 2 Oktober, bersama Kemenlu atas usul Kemenkominfo melakukan diplomatic briefing. Pada sore hari, mengajak duta besar-duta besar untuk melihat PON Papua," ungkap Usman. 

Baca juga: Dukung Atlet Indonesia Lebih Kompetitif, WSE Berikan Apresiasi kepada NPC Indonesia

"Ini juga menjadi momentum memperlihatkan Papua sudah maju dalam hal infrastruktur dan perekonomian. Pemberitaan sejauh ini juga memiliki sentimen positif, terlebih mengangkat sisi ekonomi, pariwisata, dan budaya setempat," tambahnya. Usman mengatakan bahwa dalam waktu dekat pihaknya juga tengah mempersiapkan media center di Jayapura menyambut gelaran Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI pada 2 November mendatang. (OL-14)

Baca Juga

AFP/GIUSEPPE CACACE

Madame Tussauds Buka Cabang Di Dubai

👤Widhoroso 🕔Selasa 19 Oktober 2021, 00:19 WIB
MUSEUM patung lilin terkenal di dunia, Madame Tussauds membuka cabang di Dubai, Uni Emirat...
Medcom

Pemerintah Daerah Perlu Gencarkan Edukasi Mitigasi Bencana Hidrometeorologi

👤Widhoroso 🕔Senin 18 Oktober 2021, 23:44 WIB
Pemerintah daerah perlu menggencarkan edukasi mengenai mitigasi bencana hidrometeorologi kepada...
Dok. Pribadi

Tiga Dosen UNJ ini Berikan Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas Kepada Guru TK 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 18 Oktober 2021, 23:21 WIB
Pelatihan kepada para guru itu diharapkan memberikan informasi dan keahlian penting yang berkaitan tentang bagaimana melaksanakan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Mencegah Proyek Kereta (jadi) Mubazir

Pembengkakan biaya menjadi biang keladi perlu turun tangannya negara membiayai proyek dengan dana APBN.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya