Rabu 13 Oktober 2021, 23:34 WIB

iFortepreneur 4.0 Dorong Digitalisasi UMKM Indonesia

Widhoroso | Humaniora
iFortepreneur 4.0 Dorong Digitalisasi UMKM Indonesia

DOK iForte
iFortepreneur 4.0 untuk Kebangkitan UMKM Kreatif Indonesia

 

PROGRAM 'iFortepreneur 4.0 untuk Kebangkitan UMKM Kreatif Indonesia' yang diluncurkan pada 16 September 2021, mendapat respon yang sangat positif dari pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Tercatat, lebih dari 300 peserta UMKM yang berasal dari berbagai daerah, mulai DKI Jakarta, Aceh, Lombok hingga Labuan Bajo telah mendaftarkan diri dalam program.

Hal itu diungkapkan Head of Marketing Communication iForte Solsusi Infotek, Victor Sihombing, dalam keterangan yang diterima, Rabu (13/10). Dikatakan, sesi workshop pertama telah dilakukan pada tanggal pada 6 Oktober 2021.

"Saat ini iFortepreneur 4.0 memasuki sesi workshop series ke-2. Dalam sesi workshop kali ini, iFortepreneur mengangkat 'Kisah Sukses Digitalisasi UMKM Indonesia' dengan menghadirkan narasumber dari JALA Tech dan Lemonto," jelasnya.

JALA Tech merupakan salah satu perusahaan rintisan yang menciptakan platform digital guna membantu petambak mengelola budi daya tambak udang dengan lebih baik dan membantu mengatasi kerugian dan ketidakpastian panen dengan aplikasi dan Big Data yang diciptakan oleh JALA Tech.

Sedangkan Lemonto merupakan sebuah UMKM dari Banyuwangi, Jawa Timur yang terinspirasi menciptakan berbagai produk olahan lemon dengan prinsip zero waste, produksi yang dihasilkan seperti minuman sari lemon, sabun, hand sanitizer dan lainnya. Lemonto telah menerapkan Digitalisasi dalam pemasaran hingga berhasil memasarkan produknya hingga ke pelosok Tanah Air.

Pada workshop series ke-2 ini, kedua narasumber UMKM yang sudah berhasil bertransformasi ke lini digital berbagi pengalaman dan proses yang dilakukan hingga akhirnya mereka sukses mengadopsi strategi Digitalisasidan dapat turut serta berkontribusi memberikan manfaat sosial bagi masyarakat.

Yulianto Suharto dari SBM ITB menyampaikan bahwa pelaku UMKM harus dapat memanfaatkan momentum pandemi untuk mengembangkan potensi ke dalam platform Digital, agar bisnis dapat tetap bertahan dan semakin berkembang.

Periode pengumpulan proposal iFortepreneur 4.0 akan ditutup pada 16 Oktober 2021. Setelah itu akan dipilih beberapa peserta dari total keseluruhan yang mendaftar untuk masuk dalam kualifikasi tahap 1 (satu) yang akan diumumkan pada 23 Oktober 2021.

"iFortepreneur 4.0 merupakansebuah persembahan iForte untuk mendukung pertumbuhan digitalisasi UMKM di Indonesia. iForte berkomitmen untuk berkontribusi aktif membangun dunia Connectivity Indonesia, agar semakin berkembang dan konsisten membawa dampak bagi kehidupan yang lebih baik. Diharapkan, program ini dapat bermanfaat dan membantu para pelaku UMKM untuk mengangkat potensi usaha secara lebih maksimal dengan bertransformasi ke platform digital," tambah Victor. (RO/OL-15)

 

Baca Juga

MI/ VICKY GUSTIAWAN

Menimbang Efektivitas PTM di Masa Pandemi

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 15:20 WIB
Dengan PTM ini bisa memberi waktu kepada anak-anak, juga karena tidak ada batasan waktu untuk tugas guru akan aktif mengingatkan siswanya...
ANTARA / Nyoman Hendra Wibowo

BMKG Catat Ada 32 Kali Aktivitas Gempa di Banyubiru, Ambarawa, Salatiga

👤 Atalya Puspa 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 14:45 WIB
Terjadinya fenomena gempa swarm ini setidaknya menjadikan pembelajaran tersendiri untuk masyarakat, karena aktivitas swarm memang jarang...
DOK. ITS

ITS Raih Penghargaan Terbanyak Pada Kontes Kapal Cepat Tak Berawak 2021

👤 Faustinus Nua 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 14:20 WIB
Melalui kontes ini, pemerintah ingin terus menanamkan kesadaran pada generasi muda bahwa kita (Indonesia) adalah negara maritim terbesar di...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya