Rabu 04 Agustus 2021, 18:09 WIB

Subsidi Kuota Internet dan Uang Kuliah Tunggal Resmi Berlanjut

M. Iqbal Al Amchmudi | Humaniora
Subsidi Kuota Internet dan Uang Kuliah Tunggal Resmi Berlanjut

Antara/Mohammad Ayudha
Pelajar menggunakan gawai untuk pembelajaran jarak jauh

 

MENTERI Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nadiem Makarim resmi melanjutkan program subsidi kuota internet dan keringanan biaya uang kuliah tunggal (UKT) untuk tahun 2021.

"Untuk memastikan anak-anak Indonesia tetap belajar di tengah semua keterbatasan. Dengan kerja sama dan dukungan antara Kementerian Keuangan dan Kementerian Agama, Kemendikbud Ristek akan meresmikan lanjutan bantuan kuota data internet dan bantuan uang kuliah tunggal tahun 2021," kata Nadiem dalam konferensi pers virtual, Rabu (4/8).

Pada September-November 2021 Kemendikbudristek akan menyalurkan Rp2,3 triliun untuk lanjutan bantuan kuota data internet bagi 26,8 juta siswa, mahasiswa, guru, dan dosen.

Ada pun rinciannya yakni besaran bantuan untuk peserta didik PAUD sebesar 7 GB per bulan. Peserta didik jenjang pendidikan dasar dan menengah mendapatkan 10 GB per bulan.

Dan pendidik PAUD dan jenjang pendidikan dasar dan menengah memperoleh 12 GB per bulan. Sementara, mahasiswa dan dosen memperoleh 15 GB per bulan.

"Satu hal yang perlu diingati bahwa keseluruhan bantuan kuota di tahun 2021 tujuannya untuk mendukung proses pembelajaran," ujar Nadiem.

Tapi Kemendikbud-ristek memberikan fleksibilitas kuota umum yang bisa digunakan untuk mengakses semua laman dan aplikasi kecuali yang diblokir oleh Kemenkominfo dan yang tercantum pada situs resmi bantuan kuota data internet.

"Jadi ada beberapa aplikasi yang sifatnya tidak untuk pendidikan yang kita keluarkan dari pemakaian, tapi di luar itu kita memberikan fleksibilitas sebesar mungkin bagi pengguna kuota ini," ungkapnya.

Baca juga : Kemdikbud Ristek Jamin Transparansi Pengadaan Laptop Pelajar

Kemendikbudristek akan menyalurkan bantuan subsidi kuota ini pada 11-15 September, 11-15 Oktober, dan pada 11-15 November 2021. Dan kuota data ini akan berlaku selama 30 hari sejak diterima.

Diketahui Pada 2020 dan 2021 Kemendikbudristek telah menyalurkan bantuan sebesar Rp13,2 Triliun dan menerjunkan lebih dari 50 ribu relawan mahasiswa dalam rangka penanganan covid-19.

Bantuan tersebut meliputi bantuan subsidi kuota data internet dengan total anggaran Rp6,8 triliun. 26,8 juta penerima tahun 2021 dan 35,6 juta penerima di tahun 2020.

Bantuan uang kuliah Tunggal atau UKT dengan total anggaran sebesar Rp2 Triliun kepada 419 ribu mahasiswa dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang terdampak pandemi.

"Kami berikan bantuan subsidi upah dengan total anggaran sebesar Rp3,7 Triliun yang kami berikan kepada 2 juta pendidik dan tenaga kependidikan non PNS. Jadi ini guru guru honorer kita. Dan 48 ribu pelaku seni budaya pun kita dukung," ujarnya.

Realokasi anggaran dengan total Rp405 miliar untuk peningkatan kapasitas 30 Rumah Sakit Pendidikan dan fakultas kedokteran di PTN dan PTS. Fasilitas APD dan alat deteksi RT-PCR.

Dukungan pengendalian covid-19 dengan menerjunkan 15 ribu mahasiswa sebagai relawan dan melalui program kampus mengajar. Selain itu dukungan diberikan kepada 8.351 sekolah di 34 provinsi dengan menerjunkan 38 ribu mahasiswa yang didampingi oleh 5.100 dosen dengan anggaran sebesar Rp353 miliar.

"Ini adalah bentuk dukungan yang telah kita laksanakan di tahun ini dan tahun sebelumnya," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

Antara/Fanny Octavianu.

Media Indonesia Gandeng UNJ dalam Festival Bahasa dan Sastra

👤Indrastuti 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 18:00 WIB
Media Indonesia menggandeng Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dalam Festival Bahasa dan Sastra yang digelar pada 31 Oktober...
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

Nadiem: Jadikan Nilai Pancasila sebagai Petunjuk dan Tujuan Hidup

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 17:46 WIB
Nadiem Anwar Makarim dalam pidatonya mengajak seluruh bangsa Indonesia untuk menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai petunjuk dan tujuan...
MI/Lina Herlina

JK Soroti Kemerosotan Intelektualitas Orang Minang

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 16:32 WIB
Menurut dia, Bung Karno pernah berucap bepikirlah seperti orang Minang, berbicara seperti orang Batak dan bekerja seperti orang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya