Sabtu 17 Juli 2021, 21:20 WIB

Soal Keamanan Pangan Arzeti Bilbina Berkiblat pada BPOM

Abdillah Muhammad Marzuqi | Humaniora
Soal Keamanan Pangan Arzeti Bilbina Berkiblat pada BPOM

Antaranews.com
Arzeti Bilbina

 

Anggota Komisi IX DPR dari Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa, Arzeti Bilbina, menyerahkan sepenuhnya kepada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk masalah keamanan kemasan pangan termasuk kemasan plastik yang berbahan Bisfenol A (BPA). Menurutnya, semua kemasan pangan yang sudah terdaftar di BPOM itu sudah melalui uji laboratorium yang sangat valid.  

"Untuk keamanan pangan di Indonesia ini, kita memang harus berkiblatnya ke BPOM, karena itu tanggung jawab mereka yang melakukannya.  Karena apa yang dikeluarkan BPOM itu sudah pasti aman untuk dikonsumsi masyarakat. Yang masih perlu dilakukan BPOM adalah mensosialisasikan ke masyarakat mengenai kemasan-kemasan apa saja yang aman dikonsumsi terutama dan bagaimana cara memperlakukan kemasan pangan itu agar tidak berbahaya bagi kesehatan," ujar Arzeti, Jumat (16/7).

Menurut Arzeti, BPOM perlu memberikan edukasi sejelas mungkin kepada masyarakat, mengenai karakteristik dari semua kemasan pangan plastik, baik yang mengandung BPA dan kemasan plastik.  Misalnya, kemasan pangan yang mengandung BPA itu tidak boleh dipanaskan.

“Nah, hal-hal seperti ini yang perlu diedukasi dan terus disosialisaikan BPOM kepada masyarakat agar mereka juga tahu cara yang tepat untuk memperlakukan kemasan pangan plastik tersebut. Karena, terkadang ibu-ibu itu setelah membeli makanan ke supermarket, mereka langsung main masukkan saja makanannya berikut kemasannya ke microwave tanpa tahu bahwa itu berbahaya untuk kesehatan,” tukas Arzeti.

Ia menyatakan pentingnya edukasi dan sosialisasi mengenai cara yang tepat dalam memperlakukan kemasan pangan berbahan plastik. Menurutnya, pemberian edukasi dan penyampaian informasi harus dilakukan secara rutin. Selain itu, ia juga menekankan pentingnya pengawasan di lapangan.

“Jadi, yang penting itu juga adalah pengawasan BPOM-nya di lapangan terhadap kemasan-kemasan pangan plastik itu agar secara rutin juga dilakukan.  Karena, yang kita mau itu kan ingin menjadikan anak-anak kita itu menjadi anak yang sehat,” pungkasnya. (OL-12)

Baca Juga

ANTARA FOTO/Andika Wahyu

Ibu Mertua SBY Meninggal Dunia

👤FACHRI AUDHIA HAFIEZ 🕔Senin 20 September 2021, 21:03 WIB
Almarhumah disemayamkan di Rumah Duka Kompleks Condet Baru, Jalan Batu Ampar II Nomor B6 Condet, Jakarta...
Ist

Berbahasa yang Benar dan Beretika di Ruang Digital

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 20 September 2021, 20:45 WIB
Kemenkominfo terus menggenjot pelaksanaan pelatihan literasi digital nasional dengan menggelar webinar secara serentak di seluruh...
ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho

Anak-anak sudah Diperbolehkan Masuk Mal

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 20 September 2021, 20:03 WIB
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan meminta, dalam uji coba kali ini, ada pengawasan dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Bendungan Rakyat

\PEMERINTAH berkomitmen meningkatkan produktivitas hasil pertanian di Tanah Air.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya