Jumat 09 Juli 2021, 23:03 WIB

Greenpeace Indonesia Diminta Beberkan Informasi Sumber Dana

Andhika Prasetyo | Humaniora
Greenpeace Indonesia Diminta Beberkan Informasi Sumber Dana

Dok. Komisi Informasi Pusat
Logo Komisi Informasi Pusat

 

KOMISI Informasi Publik (KIP) meminta Greenpeace Indonesia melakukan keterbukaan informasi (transparansi) terkait sumber dana yang dihimpun baik dari dalam dan luar negeri, juga perjanjian dengan pihak donor serta sejumlah informasi penting lain yang perlu diketahui publik.

Permintaan tersebut disampaikan setelah KIP menerima laporan dari Perkumpulan Lembaga Kajian Hukum dan Agraria yang merasa kesulitan untuk mengakses data-data yang seharusnya bisa menjadi domain publik seperti terkait akta pendirian dan perubahan Greenpeace Indonesia serta dokumen lain seperti laporan sumber dana.

"Data-data ini penting untuk melakukan penelitian tentang akuntabilitas dan dampak organisasi nonpemerintah terhadap pengelolaan lingkungan di Indonesia," ujar Ketua KIO Gede Narayana melalii keterangan resmi, Jumat (9/7).

Selain diminta membuka informasi sumber dana, Greenpeace Indonesia juga diwajibkan melaporkan realisasi penggunaan anggaran serta kegiayan periode 2015-2019.

Baca juga : Kolaborasi Ditjen Dikti-PADSK Lahirkan SDM Ahli Penyelesaian Sengketa Konstruksi

Guru besar IPB Budi Mulyanto mengungkapkan, sebagai lembaga swadaya masyarakat (LSM) yang beroperasi di Indonesia, Greenpeace harus patuh dan mengikuti setiap arahan yang diberikan pemerintah setempat.

"Keputusan atau permintaan KIP harus dipatuhi. Apa yang diminta KIP itu terkait keterbukaan informasi publik yang diatur di dalam undang-undang. Kalau di buka, justru akan berdampak positif bagi Greenpeace itu sendiri dan mampu meningkatkan kepercayaan publik," ucap Budi.

Tidak hanya Greenpeace, seluruh LSM yang ada di Indonesia juga harus melakukan keterbukaan informasi sesuai dengan Undang-Undang 14 tahun 2008. Hal ini penting untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap kinerja LSM di Tanah Air. (OL-7)

Baca Juga

MI/HO

Masyarakarat dan Pengelola Berkolaborasi Lindungi Populasi dan Habitat Pari Mantra

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 28 Juni 2022, 00:22 WIB
Potensi mengenai populasi pari manta dan habitat mereka di kawasan ini masih belum banyak...
Dok Dompet Dhuafa

Kolaborasi Dompet Dhuafa-Lotte Mart di Tebar Hewan Kurban

👤Media Indonesia 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:55 WIB
KOLABORASI program tebar hewan kurban (THK) yang digaungkan Dompet Dhuafa bersama Lotte Mart memasuki tahun...
MI/ANTON

UI Raih Penghargaan Tertinggi Liga PTN BH

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:05 WIB
IKU merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya