Jumat 09 Juli 2021, 22:49 WIB

Kolaborasi Ditjen Dikti-PADSK Lahirkan SDM Ahli Penyelesaian Sengketa Konstruksi

Mediaindoensia.com | Humaniora
Kolaborasi Ditjen Dikti-PADSK Lahirkan SDM Ahli Penyelesaian Sengketa Konstruksi

Dok.pribadi
Sekretrais Ditjen Dikti Paristiyanti Nuswandani

 

DIRKETORAT Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi bersama dengan Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi (PADSK) telah melakukan penandatanganan nota kesepahaman tentang peningkatan kompetensi sumber daya manusia (SDM) di bidang penyelesaian sengketa konstruksi di perguruan tinggi, Jumat (9/7). 

Penandatanganan itu dilakukan secara virtual oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam dan Ketua PADSK Sarwono Hardjomuljadi, serta disaksikan oleh pimpinan perguruan tinggi Indonesia. 

Penandatanganan kesepakatan tersebut merupakan hasil kerja sama dari Ditjen Dikti dan PADSK untuk memajukan dunia pendidikan tinggi di Indonesia. Nantinya, nota kesepahaman ini akan digunakan sebagai landasan hukum untuk membangun dan memperkuat jaringan kerja serta kepekaan dalam upaya pengembangan kompetensi dan sumber daya manusia profesional di bidang penyelesaian sengketa konstruksi pada perguruan tinggi. 

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam mengatakan, dengan adanya penandatanganan kerja sama ini maka dapat membantu mempercepat menghasilkan SDM yang unggul dan profesional utamanya dalam bidang konstruksi. Dengan adanya kompetensi di bidang konstruksi, kata Nizam, nantinya sengketa di lapangan karena masalah lingkungan atau human error dapat diselesaikan dengan cepat dan efisien. 

"Dengan  kerja sama ini maka kita dapat mempercepat untuk menghasilkan talenta di bidang konstruksi yang dapat menghasilkan SDM yang unggul dan profesional demi mewujudkan kemajuan pembangunan negara terutama dalam permasalahan sengketa dalam negeri atau luar negeri,” ujar Nizam. 

Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Paristiyanti Nurwardani menambahkan, implementasi dari program ini akan melahirkan inovasi-inovasi baru dan menghasilkan generasi muda masa depan yang lebih kompetitif terutama di era digital saat ini. 

Baca juga : Tanoto Foundation Donasikan 500 Ton Oksigen Bagi Pasien Covid-19

“Kami berharap implementasi dari program ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh perguruan tinggi dan mitra terkait, untuk mengembangkan sumber daya manusia dan melahirkan berbagai macam inovasi, untuk berbagai macam program implementasi pada masa yang akan datang yang tujuannya untuk menciptakan sumber daya manusia yang lebih kompetitif terutama pada era digital saat ini,” ucapnya. 

Di sisi lain, Ketua Dewan Pengawas Perkumpulan Ahli Dewan Sengketa Konstruksi Djoko Santoso menyampaikan, penandatanganan itu bertujuan untuk meningkatkan kapasitas sumber daya manusia menjadi ahli sengketa konstruksi sehingga dapat menghindari sengketa yang berkepanjangan dan menguras waktu, tenaga, dan biaya. 

Demi menghasilkan ahli sengketa yang dapat melakukan analisis, identifikasi, dan mengelola sengketa dengan baik maka perlu kemitraan yang erat antara perguruan tinggi dan PADSK. 

“Diperlukan kemitraan yang erat antara perguruan tinggi dan persatuan ahli dewan sengketa untuk mendidik para ahli penyelesaian sengketa konstruksi,” ujar Djoko. 

Selepas dari penandatanganan nota kesepahaman tersebut, program-program yang nantinya dapat dilaksanakan dengan perguruan tinggi mencakup kontrak konstruksi, penyelesaian sengketa konstruksi, manajemen klaim konstruksi, pendidikan singkat bersertifikat untuk mahasiswa, dan pendidikan tambahan untuk para dosen di perguruan tinggi. 

Harapannya dengan adanya program ini adalah untuk menciptakan SDM yang dapat bekerja cepat namun tetap efisien dan efektif sehingga dapat mengurangi adanya pengeluaran biaya. (RO/OL-7)

Baca Juga

DOK Puspresnas

Keterbatasan Bukan Penghambat Raih Prestasi

👤Widhoroso 🕔Senin 06 Desember 2021, 21:12 WIB
STIGMA negatif yang kerap ditujukan kepada penyandang disabilitas, tidak selalui identik dengan kekurangan atau berbagai hal yang tidak...
DOK UNJ

UNJ Juara Umum LPTK Cup X 2021

👤Widhoroso 🕔Senin 06 Desember 2021, 19:57 WIB
LPTK Cup X 2021 yang berlangsung sejak 2 Desember lalu, resmi berakhir Minggu...
Dok.MI

Indonesia Darurat Kekerasan Seksual

👤Atalya Puspa 🕔Senin 06 Desember 2021, 19:10 WIB
Yang menjadikannya lebih gawat, kata Andy, penanganan untuk kasus kekerasan seksual secara khusus masih terbatas dan sangat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya