Senin 05 Juli 2021, 11:50 WIB

Sandiaga Minta Blokir Game Fortnite Sebab Picu Intoleransi

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Sandiaga Minta Blokir Game Fortnite Sebab Picu Intoleransi

MI/Insi Nantika Jelita
MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno  memblokir game populer online Fortnite. Sebab dinilai intoleransi dengan menghina umat muslim. Pasalnya ada adegan dalam game tersebut yang mendorong pemainnya menghancurkan ikon mirip seperti Kabah, yang merupakan tempat suci bagi umat Islam.

"Game Fortnite secara langsung bertentangan dengan nilai-nilai luhur, khususnya keagamaan. Oleh karena itu, saya menginstruksikan kepada tim untuk mengkaji dan segera mengeluarkan larangan," kata Sandiaga dalam akun media sosialnya, Senin (5/7).

Adegan yang diminta menghancurkan ikon mirip Kabah itu, dinilai Sandiaga dapat memicu perilaku tidak menghormati antar umat beragama dan mendorong aksi kekerasan.

Dirinya mengaku sepakat dengan fatwa yang diterbitkan Pusat Fatwa Elektronik Universitas Al Azhar Kairo, yakni larangan bagi umat muslim untuk tidak memainkan game Fortnite.

Di satu sisi, pihaknya juga meminta agar pengembang aplikasi untuk tidak semena-mena membuat adegan dalam game yang dapat memicu amarah masyarakat, terlebih menyangkut soal agama.

"Kami juga ingin memberikan peringatan kepada beberapa pengembang permainan untuk berhati-hati. Kami ingin pastikan agar aplikasi dan pengembangan game ini justru menjadi lahan usaha, tanpa menciderai nilai-nilai luhur bangsa kita," tegas Politikus Partai Gerindra itu.

Menparekraf menuturkan, digitalisasi yang termasuk media sosial dan permainan digital dapat dianalogikan seperti dua mata pisau. Pada satu sisi, membuka peluang usaha serta lapangan kerja, di sisi lain dapat menjadi ancaman yang merugikan.

Belakangan ini, game Fortnite heboh dibahas oleh jagat maya. Fortnite diketahui mendapat kecaman dari cendekiawan Muslin di Universitas Al-Azhar, Mesir.

Epic Games dikabarkan membuat Ka'bah ini agar bisa dihancurkan oleh pemain dengan kapak. Nantinya pemain game akan mendapatkan senjata khusus apabila mengikuti perintah tersebut. (OL-13)

Baca Juga: Selama 4 Hari 94 Kasus Kematian Akibat Covid-19 di Cilacap

Baca Juga

Antara

Peran Strategis Bidan Mengedukasi Calon Ibu Turunkan Angka Stunting

👤Abdillah M Marzuqi 🕔Rabu 08 Desember 2021, 22:38 WIB
Ketua Harian YAICI Arif Hidayat meyakini kehadiran bidan pada posyandu balita merupakan hal...
Ist

Mahasiswa Yarsi Terapkan Aplikasi SLiMS di TBM Bukit Duri Bercerita

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 22:35 WIB
SLiMS (Senayan Library Management System) adalah sistem otomasi perpustakaan sumber terbuka (open source) berbasis...
Ist/Ilustrasi/wikihow

Pilihlah Produk Penata Rambut Pria Berbahan Aman dan Menyehatkan

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Desember 2021, 21:54 WIB
Celebrity stylist di New York, AS, Amy Komorowski, menyarankan untuk tidak menggunakan terlalu banyak wax, pomade, serum, maupun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya