Minggu 04 Juli 2021, 22:50 WIB

Prof Baedhowi Tutup Usia, Dunia Pendidikan Indonesia Berduka

Faustinus Nua | Humaniora
Prof Baedhowi Tutup Usia, Dunia Pendidikan Indonesia Berduka

PP Muhammadiyah
Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pengurus Pusat Muhammadiyah, Prof Dr Baedhowi.

 

KABAR Kabar duka datang dari dunia pendidikan, Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Pengurus Pusat Muhammadiyah, Prof Dr Baedhowi meninggal dunia pada Minggu (4/7) pukul 09.40 WIB.

"Inna lillahi wa inna ilaihi rojiun. Semoga Bapak Prof Baedhowi, pribadi yang sangat baik, pejuang sejati persyarikatan wafat dalam keadaan husnul hotimah. Allahummaghfir lahu warhamhu waafihi wa’fu ‘anhu waakrim nuzulahu wawasy-syi’ mad-halahu, BirahmatiKa Ya Arhamar Rahimien. Amin," tutur Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Muhadjir Effendy dalam keterangan tertulis, Minggu (4/7).

Mantan Mendikbud mengatakan Prof Baedhowi adalah pribadi yang sangat baik, pekerja keras dan tidak suka banyak bicara. Muhadjir menyebut Prof Baedhowi sebagai administator ulung dengan perjalanan karir yang panjang di bidang pendidikan. "Banyak kader kader birokrat di kantor di Kemendikbud pusat berkat tangan dingin beliau," ucapnya.

Muhadjir yang juga Ketua PP Muhammadiyah Bidang Pendidikan Tinggi dan Pengembangan mengisahkan bahwa ketika dirinya sebagai Mendikbud, Prof Baedhowi sudah tidak menjabat di Kantor Kemendikbud. Tetapi Muhadjir sering meminta saran dan masukan.

"Saking lamanya berkarier di bidang pendidikan hingga akhir hayatnya, penguasaan pengetahuan tentang pendidikan Indonesia sangat ensiklopedis," kata dia.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir pada Ahad juga menyampaikan belangsungkawa. "Semoga almarhun husnul khatimah, diampuni kesalahannya, diterima amal ibadahnya, serta ditempatkan di jannatun na’im," ucapnya.

Prof Baedhowi dikenal sebagai pemikir sekaligus praktisi yang memahami dunia pendidikan secara mendalam dan luas. Baik ketika masih di Kemendikbud maupun di Persyarikatan Muhammadiyah, beliau betul-betul menekuni dan mencintai pendidikan secara total, sehingga hidupnya dihabiskan untuk berkhidmat memajukan pendidikan.

"Beliau sosok yang ramah, luwes, dan bergaul luas dengan banyak kalangan di lingkungan pegiat dan penggerak pendidikan. Komitmennya untuk memajukan pendidikan dasar dan menengah Muhammadiyah sangat tinggi dan tidak kenal lelah," tutur  Haedar.

Dalam periode ini Prof Baedhowi bersama kolega di Majelis Dikdasmen begitu serius memprogram pendidikan unggul atau pendidikan utama Muhammadiyah. Selalu rutin memberikan info khusus kepada Ketua Umum PP Muhammadiyah.

"Terakhir menyusun Peta Jalan Pendidikan Muhammadiyah, Pangkalan Data Pendidikan Muhammadiyah, dan Penyelenggaraan Pendidikan Muhammadiyah di masa pandemi dengan pembelajaran daring. Semoga pengkhidmatan Prof Baedhowi dalam memajukan pendidikan dasar dan menengah menjadi tonggak bagi masa depan pendidikan Muhammadiyah yang unggul berkemajuan," imbuh Haedar.

"Kita kehilangan salah satu tokoh pendidikan Muhammadiyah yang ikhlas, bersahaja, dan berwawasan luas. Generasi selanjutnya dapat menjadi penerus yang dapat membawa keunggulan dan kemajuan pendidikan Muhammadiyah di tengah persaingan yang semakin berat," tutup Haedar.

Profil tokoh pendidikan Prof Baedhowi

1. Nama lengkap : Prof Dr Baedhowi, Msi

2. Tempat tanggal lahir: Boyolali, 28 Agustus 1949

3. Riwayat pendidikan:

    a. S1 FKIP UNS 1976
    b. S2 FISIP UI 1998
    c. S3 FISIP UI 2004 bidang Ilmu Administrasi.

4. Jabatan:

    a. Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan (LPMP) Kementerian Pendidikan Nasional, Dirjen Pendidikan Menengah, dan Sekjen Kemdikbud
    b. Ketua Majelis Dikdasmen PP Muhammadiyah
    c. Guru Besar Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. (H-2)

Baca Juga

Antara

2.957 Pasien Korona Dirawat di Wisma Atlet kemayoran

👤Ant 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:39 WIB
Aris menjelaskan jumlah pasien dalam perawatan pada Senin (24/1) sebanyak 2.862...
Dok MI

Susu Sapi Penting untuk Cegah Stunting pada Anak

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 23:04 WIB
Produk susu merupakan salah satu protein hewani yang dinilai paling efektif dalam menurunkan risiko stunting, dibandingkan dengan...
Ilustrasi

Ini Pentingnya Yodium buat Ibu Hamil

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 25 Januari 2022, 22:55 WIB
yodium adalah mineral yang berhubungan dengan hormon tiroid yang mempengaruhi proses dan perkembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya