Jumat 25 Juni 2021, 20:06 WIB

Kapolri Terbitkan E-Book Manajemen Kontijensi Klaster Covid-19

Yakub Pryatama Wijayaatmaja | Humaniora
Kapolri Terbitkan E-Book Manajemen Kontijensi Klaster Covid-19

Antara
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi III DPR RI.

 

KAPOLRI Jenderal Listyo Sigit Prabowo menerbitkan e-book pedoman manajemen kontijensi penanganan klaster covid-19. Langkah itu sebagai upaya pencegahan dan penanganan kasus covid-19 di Tanah Air.

Buku panduan tersebut mengupas banyak hal, terutama penanganan klaster covid-19, dengan tahapan 3T (tracing, testing dan treatment) dan 5M (memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan membatasi mobilitas).

Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono menjelaskan bahwa buku tersebut merupakan salah satu bentuk kontribusi dan perjuangan kepolisian. Khususnya, dalam mendukung pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19 yang semakin meluas.

Baca juga: IDI: Situasi Covid-19 Terkini Sudah Penuhi Syarat Lakukan PSBB Total

"Hal ini semata-mata dilakukan untuk menjunjung asas ”Salus Populi Suprema Lex Esto”, bahwa keselamatan masyarakat sebagai hukum tertinggi," ujar Argo dalam keterangan resmi, Jumat (25/6).

Diketahui, penyebaran covid-19 belakangan ini mengalami peningkatan secara eksponensial. Hingga saat ini, kasus covid-19 di Indonesia sudah lebih dari 2 juta orang. Pun, angka harian kematian akibat covid-19 tidak berbanding lurus dengan angka kesembuhan harian.

Lonjakan kasus covid-19 disebabkan peningkatan aktivitas dan mobilitas masyarakat, seperti perayaan Idulfitri. Berikut, kegiatan masyarakat lainnya yang tidak memperhatikan protokol kesehatan secara ketat.

Baca juga: Jokowi Sidak PPKM Mikro di Kawasan Cempaka Putih

Argo menyebut e-book yang baru dirilis menjelaskan berbagai hal yang harus dipersiapkan dalam satu wilayah. Misalnya, penentuan posko pengendalian ketika kontinjensi terjadi. Lalu, memberdayakan posko PPKM skala mikro di desa/kelurahan sebagai kepanjangan posko kontinjensi.

Kemudian, penyiapan sarana dan prasarana, seperti ambulans, peralatan swab antigen, APD, obat-obatan, formulir tracing, formulir pemantauan karantina/isolasi, media komunikasi, hingga edukasi covid-19. "Lalu, penyiapan kebutuhan logistik atau dapur umum. Penentuan tempat isolasi terpusat dan rumah sakit rujukan," papar Argo.

Namun, pihaknya menyadari segala upaya pencegahan dan penanganan tidak dapat tercapai, tanpa dukungan dan kerja sama dari seluruh elemen masyarakat dan instansi terkait. Khususnya, mengenai penerapan protokol kesehatan.(OL-11)

 

 

 

 

 

 

Baca Juga

Dok Satgas Penanggulangan Covid-19

Tinjau GOR Gelarsena Klaten, Ketua Satgas Ingin Pengendalian COVID-19 Terintegrasi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 30 Juli 2021, 00:00 WIB
“Antara penanganan di hulu dan di hilir ini harus kolaboratif. Harus menjadi satu rangkaian penanganan covid-19 yang terintegrasi...
Dok. Satgas Relawan

Kolaborasi Satgas Relawan-Baznas Beri Edukasi soal Pemulasaran Jenazah Covid-19

👤Mediaindoensia.com 🕔Kamis 29 Juli 2021, 23:43 WIB
Relawan COVID-19 yang mengikuti Kegiatan Webinar hari ini kemudian akan dilatih dan didampingi untuk membantu proses pemulasaran jenazah...
Dok. Aprobi

Dukung PPKM, Aprobi Bagikan 1.200 Paket Makanan Tiap Hari

👤Andhika Prasetyo 🕔Kamis 29 Juli 2021, 22:34 WIB
Paket makanan tersebut didistribusikan ke sejumlah wilayah di Jabodetabek dan ditujukan utamanya bagi masyarakat yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Atletik Jadi Lumbung Medali

SALAH satu cabang olahraga yang akan sangat menarik untuk disaksikan di Olimpiade 2020 ialah atletik.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya