Sabtu 19 Juni 2021, 08:10 WIB

Cara Mempercepat Siklus Menstruasi yang Aman

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Cara Mempercepat Siklus Menstruasi yang Aman

MI/Caksono
Grafis mentruasi

 

HAID atau menstruasi biasanya menimbulkan rasa yang tidak nyaman pada wanita hingga dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Oleh sebab itu, ada beberapa wanita yang memutuskan untuk mempercepat menstruasi dengan beragam alasan, misalnya karena akan melakukan ibadah keagamaan, berlibur, atau menghadiri acara penting.

Ingin tahu? Berikut cara mempercepat haid atau menstruasi yang aman.

1. Mengonsumsi Obat-obatan

Beberapa obat-obatan bisa membantu untuk mempercepat datangnya haid, contohnya pil KB atau suntik KB. Selain mampu meringankan kram dan nyeri saat haid, obat KB dapat memperpendek durasi menstruasi setiap bulan.

Namun, penggunaan obat-obatan ini harus berdasarkan resep dokter. Selain itu, mempercepat haid dengan KB hormonal membutuhkan waktu beberapa bulan agar efektif.

2. Jahe

Cara mempercepat haid berikutnya adalah dengan Jahe. Jahe diduga mampu menginduksi menstruasi karena bisa menyebabkan kontraksi uterus. Namun, belum ada bukti ilmiah yang mendukung klaim ini. Cara memanfaatkan jahe untuk mempercepat haid yakni dengan membuat teh jahe.

3. Konsumsi Vitamin C

Vitamin C diduga mampu menginduksi menstruasi pembekuan darah di rahim, sehingga mengurangi perdarahan dan mempercepat haid. Tetapi belum ada bukti ilmiah untuk mendukung klaim ini. Meski begitu, vitamin C diduga mampu meningkatkan kadar estrogen dan menurunkan kadar progesterone, sehingga bisa membuat peluruhan lapisan rahim lebih cepat.

Hasilnya, bisa mempersingkat masa menstruasi atau mempercepat datangnya haid. Untuk mencobanya, konsumsi makanan atau buah-buahan yang kaya vitamin C atau suplemen vitamin C.

Baca juga: Ini Pentingnya Rutin Membersihkan Wajah di Pagi Hari

4. Konsumsi Makanan Mengandung Karoten

Beberapa makanan tertentu yang diduga mampu membantu mempercepat datangnya haid adalah pepaya, wortel, dan labu.

Ketiganya mengandung karoten yang bisa merangsang terjadinya menstruasi. Selain itu, ada juga seledri yang bisa merangsang aliran darah di dalam rahim.

Seledri mengandung apiol, zat alami yang memicu rahim untuk berkontraksi, sehingga menyebabkan menstruasi.

5. Nanas

Mengonsumsi nanas juga disebut-sebut mampu mempercepat menstruasi. Buah ini kaya akan bromelain, enzim yang dipercaya memengaruhi estrogen dan hormon lainnya.

Di samping itu, menurut studi dari Journal of the Pakistan Medical Association, bromelain dalam nanas dapat membantu mengurangi peradangan sehingga bisa membantu mengatasi menstruasi tidak teratur.

Tetapi hingga kini belum ada bukti ilmiah yang menunjukkan suplemen nanas atau bromelain memicu menstruasi.

6. Relaksasi

Rasa stres bisa menyebabkan periode menstruasi tidak normal, karena saat seseorang stres tubuh akan menghasilkan hormon seperti kortisol atau adrenalin.

Kedua hormon ini menghambat produksi hormon estrogen dan progesterone yang penting untuk mempertahankan siklus menstruasi teratur.

Inilah cara-cara yang bisa dicoba untuk mempercepat menstruasi. Namun, sebelum mencoba, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu pada dokter. (OL-13)

Baca Juga: LIPI Temukan Jenis Baru Burungbaru di Papua Barat

Baca Juga

Ist

Kembangkan Inovasi, Siloam Hospitals Group dan NCGM Jepang Jalin Kerja Sama

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 15:40 WIB
Kerja sama Siloam Hospitals dan NCGM menjadi jembatan bagi kedua belah pihak dalam mengembangkan potensi riset dan inovasi, termasuk...
MI/Susanto

93.505 Jemaah Haji Sudah Pulang ke Indonesia

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 15:34 WIB
Hingga hari ke-72 operasional penyelenggaraan ibadah haji 1443H/2022M, total sebanyak 93.505 jemaah haji sudah pulang ke...
Antara

BMKG: Waspadai Curah Hujan Tinggi pada Tiga Hari Mendatang

👤Dinda Shabrina 🕔Minggu 14 Agustus 2022, 15:09 WIB
Berdasarkan data pengawasan BMKG, terdapat probabilitas pertumbuhan bbit siklon atau siklon tropis di belahan Bumi bagian utara hingga...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya