Kamis 10 Juni 2021, 09:36 WIB

Presiden Ingatkan Arsip yang Baik Hasilkan Kebijakan yang Apik

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden Ingatkan Arsip yang Baik Hasilkan Kebijakan yang Apik

dok.instagram
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo mendorong seluruh pengelola arsip di Tanah Air untuk memanfaatkan kemajuan teknologi digital demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Cara-cara pengarsipan lama yang tidak efektif harus segera ditinggalkan dan bergerak menuju pendekatan yang cepat dan tepat.

"Tinggalkan cara-cara lama dalam pengarsipan yang pengelolaannya tidak efisien, yang aksesnya lamban, butuh waktu lama, dan penyimpanan tersebar di mana-mana," ujar Jokowi dalam Peringatan Hari Kearsipan ke-50 yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (10/6).

Kepala negara menekankan bahwa inovasi pengarsipan tidak hanya wajib dilakukan oleh pengelola arsip pemerintahan, tetapi juga untuk pengelola arsip publik.

Bagi pengelola arsip negara, perbaikan dan modernisasi manajemen harus dilakukan demi mendukung penciptaan kebijakan yang tepat.

"Arsip adalah landasan bagi pembuatan kebijakan sehingga harus dikelola secara maksimal," tuturnya.

Adapun, bagi pengelola arsip publik, upaya peningkatan pelayanan dibutuhkan untuk mendokumentasikan kekayaan budaya bangsa secara lengkap.

"Itu semua harus terdokumentasi dan disajikan secara menarik, sehingga akan menguatkan kecintaan dan kebanggaan kalangan generasi muda pada budaya bangsanya," jelas mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Indonesia tidak boleh tertinggal dari negara-negara lain yang sekarang telah memulai inovasi pengembangan manajemen arsip berbasis elektronik. Selain bisa melacak dan mengidentifikasi arsip dengan cepat, mereka juga menyiapkan alat registrasi untuk pelestarian arsip digital.

Tidak hanya itu, keamanan juga harus menjadi perhatian utama dengan membangun sistem pengamanan arsip jangka panjang yang dipindahkan secara otomatis dari tempat penyimpanan.

"Membuat layanan arsip yang cepat harus menjadi prioritas. Arsip yang nyaman bagi publik harus disiapkan," tandas Jokowi. (OL-13)

Baca Juga: Presiden Tinjau Vaksinasi Massal di Terminal Kampung Rambutan

Baca Juga

DOK YAICI.

Storytelling Cara Edukasi Efektif Jangkau Generasi Muda

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 16 Mei 2022, 15:42 WIB
Metode storytelling merupakan salah satu bentuk penyampaian pesan-pesan yang secara tidak langsung dekat dengan keseharian...
Ilustrasi

Epidemiolog: Tidak Ada Hubungan Hepatitis Akut dengan Vaksin Covid-19

👤Faustinus Nua 🕔Senin 16 Mei 2022, 14:11 WIB
“Perlu kita pahami dan juga kita sebarkan kepada masyarakat bahwa hepatitis yang masih tidak diketahui penyebabnya ini bisa dikatakan...
Ist/Sematic-scholar

Virus Hendra Bisa Mengancam Kuda dan Manusia

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Senin 16 Mei 2022, 14:02 WIB
Virus Hendra (HeV) merupakan berasal dari kelelawar dan sudah terjadi pada 1994 dan 2016 yang menularkan ke kuda dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya