Kamis 10 Juni 2021, 09:36 WIB

Presiden Ingatkan Arsip yang Baik Hasilkan Kebijakan yang Apik

Andhika Prasetyo | Humaniora
Presiden Ingatkan Arsip yang Baik Hasilkan Kebijakan yang Apik

dok.instagram
Presiden Joko Widodo

 

PRESIDEN Joko Widodo mendorong seluruh pengelola arsip di Tanah Air untuk memanfaatkan kemajuan teknologi digital demi meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

Cara-cara pengarsipan lama yang tidak efektif harus segera ditinggalkan dan bergerak menuju pendekatan yang cepat dan tepat.

"Tinggalkan cara-cara lama dalam pengarsipan yang pengelolaannya tidak efisien, yang aksesnya lamban, butuh waktu lama, dan penyimpanan tersebar di mana-mana," ujar Jokowi dalam Peringatan Hari Kearsipan ke-50 yang disiarkan kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (10/6).

Kepala negara menekankan bahwa inovasi pengarsipan tidak hanya wajib dilakukan oleh pengelola arsip pemerintahan, tetapi juga untuk pengelola arsip publik.

Bagi pengelola arsip negara, perbaikan dan modernisasi manajemen harus dilakukan demi mendukung penciptaan kebijakan yang tepat.

"Arsip adalah landasan bagi pembuatan kebijakan sehingga harus dikelola secara maksimal," tuturnya.

Adapun, bagi pengelola arsip publik, upaya peningkatan pelayanan dibutuhkan untuk mendokumentasikan kekayaan budaya bangsa secara lengkap.

"Itu semua harus terdokumentasi dan disajikan secara menarik, sehingga akan menguatkan kecintaan dan kebanggaan kalangan generasi muda pada budaya bangsanya," jelas mantan gubernur DKI Jakarta itu.

Indonesia tidak boleh tertinggal dari negara-negara lain yang sekarang telah memulai inovasi pengembangan manajemen arsip berbasis elektronik. Selain bisa melacak dan mengidentifikasi arsip dengan cepat, mereka juga menyiapkan alat registrasi untuk pelestarian arsip digital.

Tidak hanya itu, keamanan juga harus menjadi perhatian utama dengan membangun sistem pengamanan arsip jangka panjang yang dipindahkan secara otomatis dari tempat penyimpanan.

"Membuat layanan arsip yang cepat harus menjadi prioritas. Arsip yang nyaman bagi publik harus disiapkan," tandas Jokowi. (OL-13)

Baca Juga: Presiden Tinjau Vaksinasi Massal di Terminal Kampung Rambutan

Baca Juga

CDC

UGM: 82% Spesimen asal Kudus Terdeteksi Varian Delta B1617

👤Zubaedah Hanum 🕔Rabu 16 Juni 2021, 23:25 WIB
Sebanyak 28 dari 34 sampel virus pasien asal Kudus, Jawa Tengah, merupakan varian Delta (B.1.617) yang 40% lebih...
ANTARA FOTO/Saiful Bahri/

Gaya Hidup Aktif Bisa Hindari Nyeri Sendi dan Otot

👤Eni Kartinag 🕔Rabu 16 Juni 2021, 21:59 WIB
Menuut dr.Edo Adimasta, duduk secara terus menerus selama lebih dari 40 menit, akan menyebabkan aliran darah menjadi tidak lancar dan pada...
Ilustrasi

Sertifikasi untuk Sarjana yang Siap Kerja

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 16 Juni 2021, 21:00 WIB
‘’Bahkan kedepannya seluruh mahasiswa wajib mengambil program sertifikasi ini sesuai dengan program studi yang...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghitung Ancaman Megathrust Pesisir Selatan Jatim

Analisis mengenai potensi gempa dan tsunami harus dijadikan pengingat untuk memperkuat mitigasi kegempaan dan tsunami di wilayah Jawa Timur.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya