Jumat 14 Mei 2021, 08:45 WIB

MenPAN-RB: Terima Kasih ASN yang tidak Mudik

Indriyani Astuti | Humaniora
MenPAN-RB: Terima Kasih ASN yang tidak Mudik

MI/M Irfan
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo

 

MENTERI Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Tjahjo Kumolo kembali mengingatkan agar aparatur sipil negara (ASN) tetap menjadi teladan bagi keluarga, masyarakat, dan lingkungannya, terutama dalam mematuhi larangan mudik.

"Saya berterima kasih kepada seluruh ASN yang mematuhi larangan mudik," ungkap Menteri Tjahjo. Kebijakan ini diambil Pemerintah untuk menekan penyebaran Covid-19 saat libur panjang," ujarnya di Jakarta, Kamis (13/5).

Tjahjo mengatakan menahan diri untuk tidak mudik merupakan upaya melindungi diri, keluarga, dan sanak saudara.

Baca juga: Lebaran di Tengah Pandemi, Silaturahmi Virtual tak Mengapa

“Mari kita lindungi diri kita sendiri, keluarga, dan orang-orang sekitar kita. Tidak mudik adalah bentuk rasa cinta kita untuk melindungi dan bertanggung jawab pada keluarga,” ujarnya.

Pemerintah telah menetapkan 1 Syawal 1442 H jatuh pada Kamis (13/5).

Perayaan Idul Fitri 1442 Hijriah masih dalam suasana pandemi sehingga pemerintah melarang masyarakat untuk mudik atau kembali ke kampung halaman untuk mengantisipasi lonjakan kasus positif covid-19.

"Selamat Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, untuk seluruh masyarakat Indonesia yang merayakannya, terutama para aparatur sipil negara (ASN). Mohon maaf lahir dan batin," ujar Tjahjo.

Tjahjo menegaskan masyarakat dapat melaporkan ASN yang terbukti nekat bepergian ke luar daerah/mudik saat libur Hari Raya Idul Fitri 1442 H, 6-17 Mei 2021, kepada Kementerian PANRB melalui kanal pengaduan Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional - Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (SP4N-LAPOR!).

Laporan dikirimkan dengan menyertakan nama ASN yang bersangkutan, instansi dan satuan kerja, lokasi dan bukti dukung (jika ada), melalui situs lapor.go.id, SMS 1708, atau aplikasi SP4N-LAPOR! pada sistem Android dan iOS.

Mengenai perayaan Idul Fitri 2021 yang bersamaan dengan peringatan Kenaikan Isa Almasih, Menteri Tjahjo mengatakan keduanya bisa dirayakan dengan saling menerima keberagaman di Nusantara.

"Mari kita rayakan keberagaman ini, antara lain dengan saling mendoakan agar pandemi covid-19 segera berlalu, dan saling mengingatkan untuk selalu mematuhi 5M dan protokol kesehatan di manapun berada," tukasnya. (OL-1)

Baca Juga

Dok. WOM FInance

Tingkatkan Literasi Masyarakat, WOM FInance Bangun Taman Baca Masyarakat di Tanjung Priok 

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:36 WIB
rik menuturkan, WOM Finance telah melakukan renovasi TBM tersebut dengan tujuan untuk meningkatkan minat baca masyarakat, khususnya di...
ANTARA

Waduh! 90 Persen Kecelakaan Bus dan Truk Terjadi di Jalan Menurun

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:18 WIB
Itulah pentingnya para pengemudi untuk mengetahui teknik pengereman yang benar dan baik dalam segala kondisi jalan yang...
MI/Zen

Komunikasi Efektif Kunci Kesuksesan Humas

👤Christopher Richie, Bank Indonesia 🕔Kamis 27 Januari 2022, 23:05 WIB
Sayangnya, siaran Pers yang dipublikasi saat ini dinilai kurang menarik. Kementerian/lembaga sering kali berfokus pada seremonial daripada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya