Selasa 04 Mei 2021, 18:28 WIB

PT ASABRI Serahkan Manfaat SRKK Gugur Kabinda Papua

mediaindonesia.com | Humaniora
PT ASABRI Serahkan Manfaat SRKK Gugur Kabinda Papua

DOK PT ASABRI

 

Pada 25 April 2021, sekitar pukul 15.50 WITA di Kampung Dambet, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak, Papua, Satgas BIN dan Satgas TNI-Polri sedang melakukan patroli rutin dalam perjalanan menuju Kampung Dambet. Di tengah perjalanan, Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan penghadangañ. Sehingga kontak senjata antar Satgas dan KKB tak terelakkan.

Dalam peristiwa itu, Brigjen TNI I Gusti Putu Danny Karya Nugraha yang juga Kepala Badan Intelijen Nasional (BIN) Daerah (Kabinda) Papua yang ikut dalam rombongan, gugur.

Wahyu Suparyono, Direktur Utama PT ASABRI (Persero), didampingi Komisaris Utama Fary Djemi Francis disaksikan Kepala Biro SDM Sestama BIN Brigjen TNI A. Adipati Karnawidjaja, Perwira Menengah Ahli Kopasus Kolonel. Inf. Monang Haris, dan Direktur Utama Bank Mandiri Taspen El Mamber Petamu Sinaga beserta jajarannya, menyerahkan manfaat Jaminan Kecelakaan Kerja dan Tabungan Hari Tua kepada ahli waris Ny. Maria Carolina, istri almarhum Mayjen TNI (Anumerta) I Gusti Putu Danny Karya Nugraha, di kediaman almarhum di Cijantung, Jakarta Timur pada Selasa, 4 Mei 2021.

Baca Juga: BIN: Gugurnya Kabinda Papua Bentuk Pengorbanan Kami

Almarhum meninggalkan istri Ny. Maria Carolina, dan dua putra yaitu I Gusti Putu Arjuna Karya, 19, dan I Gusti Krisna Karya, 12. Dalam penyerahan Santunan Risiko Kematian Khusus (RSKK), Direktur Utama PT ASABRI (Persero) Wahyu Suparyono menyampaikan sambutannya. “PT ASABRI merupakan BUMN yang mengemban amanah untuk mengelola asuransi bagi prajurit TNI, anggota Polri, dan ASN Kemhan/Polri”.


Untuk prajurit aktif yang melaksanakan tugas dan gugur karena kontak fisik senjata akan mendapat Manfaat Asuransi Jaminan Kecelakaan Kerja dan Tabungan Hari Tua. Dalam hal ini untuk ahli waris mendapatkan manfaat asuransi berupa Santunan Risiko Kematian Khusus (SRKK) karena gugur dalam tugas sebesar Rp450 juta, beasiswa Rp60 juta, dan Nilai Tunai Tabungan Asuransi (NTTA) sebesar Rp62.904.100, sesuai dengan Peraturan Pemerintah PP 54 Tahun 2020 tentang Asuransi Sosial Prajurit Prajurit TNI, Anggota POLRI, dan Pegawai Aparatur Sipil Negara di Lingkungan Kementerian Pertahanan dan Kepolisian Republik Indonesia.

Sekretaris Utama dalam kegiatan ini diwakili oleh Karo SDM Sekretaris Utama (Sestama) Badan Intelijen Nasional (BIN) Brigjen A. Adipati Karnawidjaja. “Penyerahan Manfaat Asuransi Jaminan Kecelakaan Kerja dari ASABRI kepada ahli waris almarhum, sangat saya dukung. Saya mengapresiasi respons cepat ASABRI atas dukungan yang diberikan kepada prajurit TNI yang gugur. Hal ini tentunya menunjukkan bahwa ASABRI memiliki rasa kepedulian dan tanggung jawab yang baik kepada pesertanya," ungkapnya.

Baca Juga: Bank Mantap Ditunjuk jadi Mitra Pembayar Korban Nanggala 402

Mayjen TNI (Purn) Wisnu Bawa Tenaya (sebagai perwakilan dari keluarga almarhum) menyampaikan rasa terima kasih kepada ASABRI yang telah memberikan manfaat santunan sesuai ketentuan yang berlaku dengan proses yang lancar dan mudah. “Suka duka bersama sudah ditunjukan oleh ASABRI dan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan terselenggaranya acara ini. Terima kasih kepada ASABRI dan semua pihak yang telah mengadakan kegiatan ini, yang dengan cepat diselesaikan dan diberikan kepada keluarga Almarhum. Semoga dukungan ASABRI dan Pemerintah dapat digunakan sebaik-baiknya."

Beliau berharap semoga santunan yang diberikan dapat bermanfaat bagi keluarga serta pelayanan ASABRI semakin baik ke depannya.

ASABRI kembali menunjuk Bank Mandiri Taspen (Bank Mantap) sebagai mitra kerja untuk penyaluran manfaat asuransi yang diterima oleh ahli waris. Dalam kegiatan ini Direktur Utama Mandiri Taspen El Mamber Petamu Sinaga juga memberikan tali asih berupa santunan pendidikan sebesar Rp25 juta kepada ahli waris korban sebagai bentuk kepedulian untuk pahlawan yang gugur dalam menjalankan tugas negara.

Komisaris Utama ASABRI Fary Djemi Francis menyampaikan: "Segenap Manajemen dan Keluarga Besar PT ASABRI (Persero) turut berbelasungkawa atas gugurnya almarhum. Semoga almarhum ditempatkan di tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa. Keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan juga kesabaran, serta santunan yang diberikan dapat bermanfaat dan ASABRI selalu menjadi sahabat perjuangan Anda sepanjang masa." (RO/OL-10)

Baca Juga

DOK Kenari Djaja

Kenari Djaja Gelar Kompetisi Desain Handle Pintu

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 12 Mei 2021, 23:41 WIB
HANDLE atau pegangan pintu merupakan hal kecil dalam desain interior sebuah bangunan. Namun, hal ini tidak membuat handle pintu bisa begitu...
DOK MI

Kemendikbudristek-LPDP Buka Program Beasiswa SDM Pendidikan Tinggi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 12 Mei 2021, 22:23 WIB
Kemendikbudristek telah meluncurkan berbagai skema pembiayaan studi untuk pendidikan tinggi akademik dan pendidikan tinggi vokasi dan...
ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho

Tutup Sementara, Nikmati Keindahan Bunaken Setelah 16 Mei 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 12 Mei 2021, 21:43 WIB
Taman Nasional Bunaken di Kota Manado, Sulawesi Utara ditutup sementara hingga 16 Mei selama libur dan cuti bersama Lebaran untuk kunjungan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Toleransi tak Pernah Putus di Adonara

Bencana membuat masyarakat Adonara semakin rukun. Ramadan lebih mempersatukan mereka.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya