Jumat 30 April 2021, 20:48 WIB

Tren Jam Tangan Sekarang Bergeser ke Ukuran Lebih Besar

mediaindonesia.com | Humaniora
Tren Jam Tangan Sekarang Bergeser ke Ukuran Lebih Besar

Ist/istock
Jam tangan telah berkembang menjadi simbol status sosial, serta fesyen, dan gaya hidup.

 

PERJALANAN perkembangan jam tangan berawal dari keperluan akan fungsi sebagai alat penunjuk waktu. Namun, kemudian berkembang menjadi simbol status sosial, serta fesyen, dan gaya hidup.

Hendra Kesuma, CEO of Radatime mengatakan bahwa saat ini, kebutuhan jam tangan di Indonesia didominasi oleh tipe sport, fesyen, formal, dan casual.

Untuk pria, model sport, casual dan formal cukup mendominasi sedangkan untuk wanita didominasi oleh model fesyen dan formal.

"Pada awalnya, jam tangan lebih dianggap seperti perhiasan, dengan ukuran yang tidak besar dan bernuansa formal. Seiring perkembangan fesyen dan gaya hidup, tren jam tangan bergeser ke ukuran yang lebih besar dan model yang lebih bervariasi," jelas Hendra pada keterangan pers, Jumat (30/4).

Baca juga: Tren Fesyen Indonesia: Global Campur Kearifan Lokal

Bahkan tak jarang wanita terlihat memakai ukuran jam tangan pria. Begitu juga untuk jam tangan pria, ukuran diameter 42 milimeter - 50 milimeter adalah yang paling laris.

Hendra mengatakan hal tersebut lebih dikarenakan fungsi jam tangan saat ini yang lebih dominan sebagai alat komunikasi non-verbal, status atau identitas sang pemakai.

Dalam penggunaannya, jam tangan identik dengan kepribadian sang pemakai karena itulaj, jam tangan yang paling tepat adalah yang bisa mengoptimalkan kepribadian sang pemakai di level yang lebih tinggi.

"Tips memilih jam tangan adalah jam tangan yang sesuai dengan kepribadian sang pemakai dan harus mendengar kata hati diri sendiri," tutur pemilik akun radatime.id ini.

Misalnya, kepribadian tertutup akan cenderung memiliki ukuran yang tidak besar dan tidak mencolok.

Baca juga: Sandalku Kampanyekan Cinta Produk Dalam Negeri

 Sementara itu, orang yang memiliki karakter lebih diam atau kurang percaya diri bisa mencoba untuk memilih jam tangan yang berukuran lebih besar atau lebih bervariasi dari bentuk atau warna. Dengan catatan sang pemakai memang bertujuan untuk meningkatkan karakter tersebut.

Acuan pemilihan warna dasar muka jam (dial) juga bisa merepresentasikan karakter seseorang. Bagi mereka yang memiliki karakter dominasi atau mungkin sedikit tertutup cenderung memilih warna dasar muka yang gelap.

Sementara itu, mereka yang memiliki karakter yang lebih terbuka, supel, mudah beradaptasi, transparan atau suka menjadi pusat perhatian umumnya cenderung memilih warna dasar muka yang terang.

 "Jam tangan yang paling tepat adalah jam tangan yang bisa mengoptimalkan kepribadian sang pemakai di level yang lebih tinggi," papar Hendra.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa jam tangan merupakan sebuah instrumen yang bisa dipakai untuk jangka waktu yang sangat panjang sehingga cukup lumrah sebuah jam tangan berkualitas tinggi dipakai di atas 10 tahun.

"Akan lebih bermakna lagi apabila pemilihan jam tangan tidak berpatokan dengan harga yang termurah," tutupnya. (RO/OL-09)

 

Baca Juga

Dok Dompet Dhuafa

Kolaborasi Dompet Dhuafa-Lotte Mart di Tebar Hewan Kurban

👤Media Indonesia 🕔Senin 27 Juni 2022, 23:55 WIB
KOLABORASI program tebar hewan kurban (THK) yang digaungkan Dompet Dhuafa bersama Lotte Mart memasuki tahun...
MI/ANTON

UI Raih Penghargaan Tertinggi Liga PTN BH

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:05 WIB
IKU merupakan ukuran kinerja baru bagi perguruan tinggi untuk mewujudkan perguruan tinggi yang adaptif dengan berbasis luaran lebih...
MI/Susanto

Banyak Kapal Wisatawan Ilegal Wara-Wiri di Perairan Taman Nasional Komodo

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 27 Juni 2022, 22:01 WIB
Irman menegaskan, pihak-pihak itu jelas merugikan keberlangsungan TN Komodo. Pasalnya, biaya konservasi yang dibutuhkan untuk pengelolaan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya