Rabu 21 April 2021, 14:02 WIB

Perajin Batik Binaan Baznas Turut Peduli Kelestarian Lingkungan

mediaindonesia.com | Humaniora
Perajin Batik Binaan Baznas Turut Peduli Kelestarian Lingkungan

Ist/Baznas
Kelompok Putri Berdikari Batik binaan Baznas di Desa Sumurgung, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

 

PARA perajin batik binaan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) melalui lembaga program Zakat Community Development (ZCD) yang tergabung dalam kelompok Putri Berdikari Batik di Desa Sumurgung, Kabupaten Tuban, Jawa Timur, bersinergi dengan Yayasan Sahabat Pulau Indonesia menggunakan bahan pewarna batik yang ramah lingkungan.

Studio batik pewarnaan alam yang digunakan mustahik binaan Baznas merupakan satu-satunya tempat produksi kain batik dengan mode batik tulis dan menggunakan pewarnaan alam.

“Saya menyadari bahwa limbah produksi yang merusak lingkungan akan membangun tabiat atau kebiasaan di lingkungan sosial yang tidak seimbang. Oleh sebab itulah kami sangat memperhatikan apa yang kami terapkan dalam proses membangun bisnis tekstil warna alam," ujar salah seorang mustahik binaan, Mbak War.

Pada Senin (12/4) Mustahik Kelompok Usaha Putri Berdikari Batik melanjutkan proses kegiatan produksi batik. Para perajin mulai bergerak menyiapkan wajan, kompor, malam/lilin dan sejumlah peralatan untuk produksi batik warna alam. Sebanyak 4 kain dalam proses ngemblok, 1 kain dalam proses nglengkreng, dan 1 kain dalam proses isen.

Di sela-sela produksinya, Sahabat ZCD, Musyawir melanjutkan musyawarah yang membahas anggaran dasar/anggaran rumah tangga (AD/ART) yang sempat tertunda.

Pembahasan tersebut meninjau isi AD/ART yang sebelumnya sudah disusun oleh Koordinator Lapangan ZCD dan observasi lapangan, yakni telah menyelesaikan 14 bab dan 18 pasal dalam anggaran dasar, 9 bab dalam anggaran rumah tangga. 

Ada sejumlah bab dan pasal dalam AD/ART yang perlu proses penyempurnaan. Pengaturan keseluruhan keputusan tersebut dalam rangka mengontrol dan mengembangkan Kelompok Putri Berdikari Batik.

“Harapan terbesar adalah ketika AD/ART dan sejumlah berkas lainnya rampung, kelompok Putri Berdikari Batik mampu mengakses semua ruang dan kesempatan untuk dapat mengembangkan bisnisnya,” kata mustahik, Ngasri. (RO/OL-09)

Baca Juga

Dok. Pribadi

Dorong Cinta Lingkungan, Aqua-Sekolah.mu Luncurkan Samtaku

👤Syarief Oebaidillah 🕔Jumat 07 Mei 2021, 01:58 WIB
Program Samtaku juga kelanjutan dari komitmen #BijakBerplastik Aqua untuk mengedukasi lebih dari 100 juta konsumen dan 5 juta anak usia...
Dok. Mitra Nayz

Mitra Nayz Santuni Anak Yatim di 11 Kota

👤Syarief Oebaidillah 🕔Jumat 07 Mei 2021, 01:30 WIB
Kegiatan dilakukan PT Mitra Kerja Nayz bersama ratusan mitra dan agen yang ada di seluruh...
Antara

IDI Jelaskan Risiko Penularan Covid-19 Jika Warga Mudik

👤Ant 🕔Jumat 07 Mei 2021, 01:25 WIB
Ia mengatakan, yang namanya mudik Lebaran tentu akan diisi dengan kegiatan berkumpul bersama keluarga dan sanak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Kualitas Kompetisi Harus Ditingkatkan

Regulasi yang dibuat operator dan regulator harus bisa meningkatkan standar liga dan klub

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya