Senin 19 April 2021, 00:23 WIB

Pelaksanaan PTM Pada Juli Mendatang Diharapkan Berjalan Lancar

Syarief Oebaidillah | Humaniora
Pelaksanaan PTM Pada Juli Mendatang Diharapkan Berjalan Lancar

DOK BKHM Kemendikbud
Diskusi persiapan pembelajaran tatap muka terbatas.

 

PEMBELAJARAN Tatap Muka (PTM) terbatas yang akan digelar serentak pada Juli 2021 mendatang, diharapkan bisa berjalan lancar. Hal itu mengemuka dalam diskusi pendidikan yang digelar Forum Wartawan Pendidikan dan Kebudayaan (Fortadikbud) bekerja sama dengan Kemendikbud, di Kota Bogor, Sabtu (17/4).

Kepala Unit Pelaksana Tugas Daerah (UPTD) SDN 070986 Onomolo I Lot, Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara, Desnilam Kurniawati Harefa menyuarakan aspirasi para orang tua siswa di sekolahnya, agar PTM kembali normal. Tidak terbatas seperti yang saat ini telah dilakukan di sekolahnya.

"Kami di Gunungsitoli sudah sejak Februari melakukan PTM terbatas dengan sistem shifting. Pembelajaran dilakukan dengan kapasitas siswa dalam kelas tidak boleh lebih dari 50 persen,” ujar Desnilam melalui aplikasi zoom.

Di Gunung Sitoli, jelas Desilam, sangatlah sulit melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Selain karena akses pada internet yang terbatas, hampir sebagian besar orang tua tidak mampu membimbing anak-anaknya mengerjakan tugas dalam lembar kerja siswa.

Dukungan dilakukannya PTM terbatas disuarakan Kepala Sekolah SMAN 3 Jombang, Jawa Timur, Singgih Susanto. "Kami sudah sejak 13 April melaksanakan PTM terbatas. 90 persen orang tua setuju belajar luring. Sisanya ingin tetap PJJ, Jadi tetap kedua keinginan ini kami layani," ujar Susanto.

Plt Kepala Biro Kerjasama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) Kemendikbud, Hendarman mengucapkan terima kasih atas masukan terkait PTM Terbatas termasuk keinginan kuat bagi guru-guru di daerah terpencil untuk divaksinasi.

Di sisi lain, sebanyak 5.851 guru dan tenaga kependidikan di Kota Bogor, Jawa Barat telah menerima vaksin covid-19. Jumlah ini setara 77,5 persen dari total guru dan tenaga kependidikan di Bogor yang sebanyak 7.551 orang.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Hanafi mengatakan hal ini menunjukkan Kota Bogor semakin siap melaksanakan PTM terbatas. "Namun ada hal lain yang harus dipenuhi seperti daftar periksa dan pelaksanaan protokol kesehatan. Disdik dan sekolah juga akan menanyakan ke orang tua untuk izin siswa mengikuti PTM," jelasnya. (OL-15)

Baca Juga

MI/ M Yakub

Gus Miftah: Jangan Ikut-ikutan Pendapat Orang yang Sok Ahli

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:39 WIB
Pemeluk agama harus menyatakan ajaran agamanya masing-masing adalah benar. Tapi tak boleh menyalahkan agama orang...
Antara

10 Rekomendasi Kado untuk Pria yang Bisa Menjadi Pilihan

👤Fetry Wuryasti 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:35 WIB
SERING kali kita bingung barang apa yang tepat diberikan sebagai kado kepada pria, meski umumnya pria bukan pemilih tetap harus ada pilihan...
Antara

Ini Panduan Penyelenggaraan Shalat Idul Fitri saat Pandemi Covid

👤Atalya Puspa 🕔Kamis 06 Mei 2021, 21:15 WIB
MENTERI Agama Yaqut Cholil Qoumas menerbitkan panduan penyelenggaraan Shalat Idul Fitri di saat Pandemi...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Citarum Mulai Harum

  Sudah tiga tahun Sungai Citarum dikeroyok. Sampah mulai berkurang, air terlihat lebih bersih.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya