Senin 12 April 2021, 19:00 WIB

Sandiaga-Luhut Bahas Upaya Penerapan Visa Jangka Panjang

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Sandiaga-Luhut Bahas Upaya Penerapan Visa Jangka Panjang

Antara
Ilustrasi wisatawan asing saat mendatangi kawasan Gili Trawangan, NTB.

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno mengaku dihubungi langsung oleh Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Padjaitan terkait penyelesaian visa jangka panjang atau long term visa.

Visa tersebut diperuntukkan bagi turis asing yang ingin tinggal atau menetap lebih lama di Tanah Air, hingga batas waktu lima tahun ke depan. Menurut Sandiaga, rencana itu tengah digodok Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham).

"Saya diminta akselerasi oleh Pak Menko Luhut. Kami akan menyundul ke teman di Kemenkumham, karena semestinya prosesnya sudah selesai dan tinggal finalisasi," jelas Sandiaga dalam press briefing secara virtual, Senin (12/4).

Baca juga: Istana Negara Burung Garuda Diyakini Jadi Magnet Baru Pariwisata

Menurutnya, visa jangka panjang diperlukan seiring berkembangnya tren digital nomad, atau seseorang yang bekerja tanpa terikat waktu dan tempat di masa pandemi covid-19.

Dia juga berhadap rencana tersebut dapat membangkitkan geliat pariwisata dan ekonomi kreatif di daerah. Dalam hal ini, jika perbatasan wilayah sudah dibuka untuk wisatawan mancanagera.

Baca juga: Sandiaga Sebut Visa Jangka Panjang akan Gaet Investasi

"Paket ini sangat dinantikan oleh digital nomad. Kemudahan izin tinggal visa jangka panjang berdasarkan beberapa ketentuan, akan kita buka. Sehingga, destinasi Bali dan wisata lainnya akan mendapatkan peningkatan minat wisatawan," pungkas Sandiaga.

Terkait Bali, lanjut dia, daerah yang akan dibuka untuk menerima turis asing pada pertengahan tahun ini, yakni Sanur di Kota Denpasar, Ubud di Kabupaten Gianyar dan Nusa Dua di Kabupaten Badung. 

"Kami mendorong terciptanya pelaksanaan protokol kesehatan. Apalagi sudah launching event dan pariwisata yang tidak terpisahkan. Kami akan memantau pergerakan wisatawan lokal," tuturnya.(OL-11)
 

 

Baca Juga

HO

GNIK Dukung Program Indonesia Unggul

👤Widhoroso 🕔Minggu 27 November 2022, 19:05 WIB
SEMUA organisasi profesi, pelajar, serta mahasiswa diajak untuk mendukung Program Indonesia unggul yang menargetkan 1 juta orang kompeten...
dok.Unas

Festival Film Pelajar dan Mahasiswa 2022 Unas Hadirkan Kreativitas Milenial

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 17:47 WIB
KARYA-karya film yang telah diproduksi oleh sejumlah sekolah dan kampus dalam Festival Film Pelajar dan Mahasiswa 2022, bisa dikatakan...
Dok. Pertamina

Peserta Eco Run, Antusias Ikuti Community Workshop

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 27 November 2022, 17:36 WIB
Di Area itu, dilakukan pembuatan cashing ponsel dari daur ulang tutup...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya