Sabtu 27 Februari 2021, 17:00 WIB

UII Gelar Wisuda Hybrid, Rektor Dorong Selalu Berpikir Holistik

Agus Utantoro | Humaniora
UII Gelar Wisuda Hybrid, Rektor Dorong Selalu Berpikir Holistik

MI/AGUS UTANTORO
Rektor Universitas Islam Indonesia Prof. Fathul Wahid memberikan sambutannya dalam wisuda UII, Yogyakarta, Sabtu (27/2/2021).

 

REKTOR Universitas Islam Indonesia (UII) Prof. Fathul Wahid, Ph.D., mengingatkan meski pandemi ini menjadi musibah yang dialami oleh seluruh masyarakat tidak hanya di Indonesia tetapi di berbagai belahan dunia, namun yang harus dilakukan sekarang adalah berusaha keras untuk mendapatkan berkah yang tersamar dari pandemi ini.

Di hadapan 701 wisudawan baik Ahli Madya, Sarjana maupun Magister dan Doktor, Rektor mengemukakan pola pikir positif seperti ini sangat penting untuk menyuntikkan semangat dan menambah imunitas.

Baca juga: DIY Akan Uji Coba Pembelajaran Tatap Muka di 10 Sekolah

"Penelitian menemukan bahwa suasana emosi negatif, seperti marah, frustasi, dan stres, akan menurunkan imunitas. Karena itu, selingan humor sehat dalam kadar yang pas untuk menjaga emosi positif akan sangat bermanfaat di tempat kerja dan juga di tempat interaksi sosial lainnya," kata Fathul Wahid.

Di lain sisi, lanjutnya, dari penelitian juga ditemukan fakta bahwa pimpinan yang mempunyai selera humor dipandang 27% lebih 
memotivasi dan dikagumi, dibandingkan dengan yang tidak memiiki selera humor.

Ia menambahkan, bawahan juga 15% lebih tertarik untuk melibatkan diri. Tim pimpinan yang humoris juga dua kali lebih baik dalam memecahkan tantangan kreativitas, yang ujungnya adalah kinerja yang membaik.

Dan, lanjutnya tertawa bersama ternyata juga mempercepat kedekatan dan kepercayaan. Hal ini tambahnya, akan menjadikan mereka yang sering berbagi kebahagiaan bersama menjadi sahabat dekat. Sahabat dekat di tempat kerja, ujarnya berpengaruh pada kinerja seseorang.

Pada kesempatan itu pula Rektor juga mengajak para lulusannya untuk 
mudah tersenyum. Selain memberikan perasaan bahagia katanya, senyum juga bisa membuat orang meningkatkan kemampuan berpikir secara holistik orang yang tersenyum akan melihat konteks secara lebih utuh dibandingkan yang tidak. 

"Senyum ternyata juga dapat meningkatkan kepercayaan orang lain sebanyak 10%. Karenanya, humornya seorang penjual dapat meningkatkan keinginan konsumen untuk membeli sebesar 18%," kata dia.

Hal lain yang juga harus selalu dilakukan, imbuhnya, adalah syukur dan berucap terima kasih. "Rumus ini Insyaallah tidak hanya berlaku ketika pandemi, tetapi untuk sepanjang hidup kita," kata dia.

Kepala Bidang Humas UII Ratna Permata Sari mengatakan, situasi  pandemi tidak menjadi penghalang bagi Universitas Islam Indonesia (UII) untuk melangsungkan kegiatan akademik. Pelaksanaan Wisuda Doktor, Magister, Sarjana, dan Diploma Periode II dan III Tahun Akademik 2020/2021 yang digelar pada Sabtu (27/2) pagi.

Wisuda kali ini diikuti oleh 701 lulusan yang terdiri dari 23 ahli madia, 555 sarjana, 117 magister, dan 6 doktor. Ia menambahkan, wisuda 
periode ini digelar secara daring maupun luring terbatas dengan tetap mematuhi protokol kesehatan yang ketat.

Secara luring, wisuda dihadiri oleh 13 pimpinan universitas dan fakultas bersama 36 orang lulusan yang merupakan perwakilan dari masing-masing  program studi. Sebelum mengikuti wisuda, para peserta telah menjalani rapid test/swab antigen.

"Mereka juga diwajibkan berada di Yogyakarta seminggu sebelum wisuda serta tidak bepergian ke luar kota," jelasnya.

Sementara itu, sebanyak 665 wisudawan/wisudawati mengikuti prosesi wisuda secara daring. (H-3)

Baca Juga

Ilustrasi

Siklon Tropis Surigae bakal Bikin Hujan Lebat di Provinsi Ini

👤Atalya Puspa 🕔Sabtu 17 April 2021, 18:30 WIB
"Posisinya sudah semakin jauh dari wilayah Indonesia karena arah geraknya ke barat daya menjauhi wialyah Indonesia. Namun demikian...
Antara/Fikri Yusuf

Kemenparekraf Fasilitasi Vaksinasi Bagi Pelaku Ekonomi Kreatif

👤Fetry Wuryasti 🕔Sabtu 17 April 2021, 18:15 WIB
Vaksinasi dilakukan terhadap 126 pelaku ekonomi kreatif perwakilan dari berbagai sub sektor ekonomi...
Istimewa

PPNI Siap Kawal Proses Hukum Kasus Penganiayaan Perawat

👤Faustinus Nua 🕔Sabtu 17 April 2021, 17:20 WIB
PERSATUAN Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mengutuk keras kasus perawat RS Siloam Sriwijaya, Palembang yang dianiaya keluarga pasien...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya