Rabu 06 Januari 2021, 15:19 WIB

Lab BSL-2 Hadir di Bandara Soetta Percepat Uji Sampel Covid-19

Siswantini Suryandari | Humaniora
Lab BSL-2 Hadir di Bandara Soetta Percepat Uji Sampel Covid-19

Istimewa
Bakti Inovasi Teknologi Roadshow Mobile Laboratory Biosafety Level-2 di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (6/1/2021).

 

BADAN Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memberikan bantuan untuk mempercepat peningkatan pengujian sampel covid-19 dengan metode PCR dilakukan di laboratorium memenuhi standar keamanan hayati level-2 atau BSL-2  dengan menghadirkan Mobile BSL-2 di Bandara Internasional Soekarno Hatta-Tangerang, Banten, Rabu (6/1).   

Keberadaan BLS-2 Mobile di Bandara Soekarno Hatta menjadi bagian dari Roadshow Mobile Laboratory Biosafety Level-2 ke berbagai daerah di Indonesia. Mobile lab BSL-2 telah digunakan untuk pengujian sampel swab di Yogyakarta, Bali, dan Jombang pada 16 hingga 29 Desember 2020. Kali ini, Mobile lab BSL-2 dioperasikan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta untuk pengujian sampel swab dari personell Bandara. 

"Diharapkan, kegiatan ini dapat mendukung layanan bandara di era pandemi. Dan peran strategis bandara dalam menunjang kegiatan ekonomi Indonesia. Diharapkan inovasi ini dapat membantu pemerintah dalam mempercepat penanggulangan Covid-19 di Indonesia. Selain itu juga menjadi salah satu milestone kebangkitan inovasi Indonesia dalam rangka memperkuat daya saing industri nasional," kata Kepala BPPT Hammam Riza dalam acara Bakti Inovasi Teknologi Roadshow Mobile Laboratory Biosafety Level-2 di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Rabu (6/1)

Hammam dalam keterangan tertulis menjelskan bahwa Pemerintah telah menunjuk laboratorium pengujian PCR di Indonesia. Satgas Penanganan Covid-19 menyatakan kapasitas pengujian di Indonesia saat ini telah mencapai lebih dari 95% dari target yang ditetapkan oleh WHO yakni 1 per 1000 penduduk per pekan. Namun sebagian besar laboratorium tersebut terpusat di kota besar, dan waktu tunggu hasil pengujian perlu waktu lama.  

"BPPT sesuai dengan perannya sebagai lembaga yang melaksanakan kaji terap teknologi untuk menghasilkan inovasi dan bertanggung jawab terhadap pendayagunaan dan penerapannya telah berperan dalam melaksanakan dan mendukung program riset dan inovasi prioritas nasional khususnya untuk penanggulangan Covid-19.

Untuk meningkatkan kapasitas pengujian Covid-19, BPPT telah meluncurkan inovasi mobile lab BSL-2 yang dapat dipindah-operasikan ke berbagai daerah. Mobile lab ini telah beroperasi di beberapa tempat di Indonesia agar lebih menjangkau daerah yang membutuhkan. BPPT mengembangkan mobile lab BSL-2 varian bus dengan konsep yang sama, yaitu mobile, aman, dan akurat.

Kendaraan yang membawa BSL-2 tersebut juga memiliki kelebihan antara lain dengan platform bus, untuk memperkuat konsep mobilitas, sehingga dapat mudah dioperasikan di daerah yang membutuhkan. Penambahan fasilitas untuk ekstraksi RNA, sehingga dapat menggunakan reagen yang lebih bervariasi (metoda magnetic beads) untuk menjaga keberlanjutan pengujian.

"Penyempurnaan layout peralatan, untuk meningkatkan akurasi data dan keamanan personil penguji. Serta penyempurnaan sistem mekanik pintu yang dapat dibuka tutup secara touchless, untuk menghindari kontaminasi," ujar Hammam. 

baca juga: Lab BSL-2 BPPT Keliling Tiga Daerah Percepat Pemeriksaan Covid-19

Sebagaimana dengan varian sebelumnya, Mobile lab BSL-2 varian bus menurut Hammam dibangun bersama dmitra industri dengan mengikuti standar WHO dan Kementerian Kesehatan untuk laboratorium pengujian PCR Covid-19 dan telah diverifikasi oleh Asosiasi Biorisiko Indonesia. 

"Ini semua dilakukan untuk memperkuat kerangka sinergi multihelix guna mewujudkan ekosistem riset, inovasi dan industrialisasi di Indonesia. Bakti Inovasi Teknologi ini bertujuan membantu pemerintah dalam menangani pandemi Covid-19 melalui pengkajian dan penerapan teknologi," pungkasnya.
 

Baca Juga

Antara

Update 1 Oktober 2022: 1.639 Kasus Covid-19 Terdeteksi Hari Ini

👤MGN 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:42 WIB
Sementara itu, kasus aktif meningkat 103 sehingga menjadi 17.697...
MI/Palce Amalo

Menteri PUPR Ajak Mahasiswa Jadi Generasi Tangguh dan Adaptif

👤Palce Amalo 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 21:10 WIB
MENTERI Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono  mengajak mahasiswa menjadi generasi tangguh dan...
DOK/SBM ITB

SBM ITB Gelar Metabinar Pertama di Indonesia

👤Naviandri 🕔Sabtu 01 Oktober 2022, 19:55 WIB
Aktivitas yang bisa dilakukan ialah  membeli dan menjual aset, berkuliah, menggelar konser, menggelar konferensi pers, menggelar event...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya