Rabu 30 Desember 2020, 03:20 WIB

Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Kemenkes Gandeng Pemda

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Cegah Lonjakan Kasus Covid-19, Kemenkes Gandeng Pemda

Antara
Budi Gunadi Sadikin, yang belum lama ini menjabat sebagai Menteri Kesehatan.

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) berupaya mengantisipasi lonjakan kasus covid-19 pascalibur panjang Natal dan Tahun Baru (Nataru).

“Kita ingin memastikan bahwa seluruh infrastruktur kesehatan di seluruh kota besar yang taraf infeksinya tinggi itu siap. Kami akan bekerja keras di liburan akhir tahun ini,” ujar Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin di Kantor Presiden, Jakarta, Selasa (29/12).

Budi menambahkan bahwa Kemenkes juga melakukan kerja sama dengan pemerintah daerah untuk mengantisipasi lonjakan kasus. “Kemenkes bekerja sama dengan pemerintah daerah untuk memastikan rumah sakit siap. Ruang isolasinya cukup, ranjangnya cukup, ICU-nya cukup, dokternya juga cukup,” imbuh Budi.

Baca juga: 507 Tenaga Kesehatan Gugur, Menkes Berduka

Lebih lanjut, dia mengimbau agar masyarakat yang hendak berlibur untuk mengurangi mobilitas. Tujuannya menekan laju penyebaran covid-19.

“Alangkah baiknya bila setelah kita pulang, lebih banyak melakukan pekerjaan di rumah. Kita mengurangi mobilitas selama 5-10 hari,” pungkasnya.

Dia turut menyoroti varian baru covid-19 yang muncul di Inggris. Strain yang dinamai B117 atau N501Y, lanjut dia, adalah mutasi dari virus SARS-cov-2.

Baca juga: Jelang Arus Balik, Masyarakat Diimbau Pulang Lebih Awal

Berdasarkan keterangan ahli, strain baru virus covid-19 terbukti lebih mudah menular. Namun, belum terbukti berdampak lebih parah atau fatal. Strain ini juga dapat dideteksi dengan alat saat ini, termasuk swab antigen dan swab PCR.

Merespons kekhawatiran publik terkait keberadaan varian covid-19 terbaru di Indonesia, Menkes menyebut harus dilakukan whole genome sequencing untuk mendeteksi. 

“Kami akan mengoordinasikan beberapa lab di Indonesia. Bersama Kemenristek yang memiliki kemampuan untuk genome sequencing. Kami juga memastikan rumah sakit rujukan pasien covid-19 mengirimkan sampel secara rutin ke jaringan lab,” tutupnya.(OL-11)

 

Baca Juga

health.harvard.edu

Kenali Makanan Ramah Lambung yang Sehat untuk Berpuasa

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:55 WIB
Penderita penyakit asam lambung yang berpuasa sebaiknya memilih makanan yang ramah untuk lambung, misalnya rebusan sayur atau makanan manis...
Antara

Silicon Valley Indonesia Diperluas Hingga Cibadak

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:51 WIB
Pembangunan  Silicon Valley ala Indonesia akhirnya terwujud di kawasan ekonomi khusus (KEK) Kecamatan Cikidang yang diperluas hingga...
Dok Caritas

BaNTTu Flobamora Konser Virtual Diaspora Katolik Sedunia

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 16 April 2021, 23:35 WIB
Diaspora Indonesia dengan bahu-membahu tampil ke depan mengambil aksi peduli dan kasih untuk NTT dalam bentuk Charity Live-streaming...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Maksimalkan Target di Ajang Pramusim

EMPAT tim semifinalis Piala Menpora, yakni PSS Sleman, Persib Bandung, Persija Jakarta, dan PSM Makassar, akan memaksimalkan turnamen pramusim sebelum berlanjut ke Liga 1

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya