Selasa 29 Desember 2020, 23:30 WIB

Jelang Arus Balik, Masyarakat Diimbau Pulang Lebih Awal

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Jelang Arus Balik, Masyarakat Diimbau Pulang Lebih Awal

MI/Andri Widiyanto
Kepadatan kendaraan di Tol Jakarta-Cikampek KM 57, Karawang, Jawa Barat.

 

KEMENTERIAN Perhubungan (Kemenhub) memprediksi puncak arus balik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) terjadi pada 3 Januari 2021. Masyarakat diimbau menghindari kepadatan kendaraan pada libur akhir tahun.

"Sejauh ini berdasarkan prediksi kami, puncak arus balik terjadi pada Minggu besok. Kami minta masyarakat kembali ke Jabodetabek seawal mungkin. Sebelum hari Minggu akan lebih baik, untuk menghindari kemacetan," ujar Direktur Jenderal Perhubungan Darat Budi Setiyadi dalam keterangan resmi, Selasa (29/12). 

Pada periode libur Nataru, Kementerian Perhubungan mencatat terjadi pergerakan pemudik sebanyak 638.489 kendaraan pada 22-27 Desember 2020. Hingga Minggu (27/12), diperkirakan 40% kendaraan belum kembali ke Jabodetabek.

Baca juga: 2021, Menhub Targetkan Jumlah Penumpang MRT dan LRT Capai 3 Juta

Melalui data yang dihimpun di Gerbang Tol Cikampek Utama, Kalihurip Utama, Cikupa dan Ciawi terdapat 254.861 kendaraan yang belum kembali. Sementara itu, tercatat 383.628 kendaraan yang sudah kembali ke Jabodetabek.

Data yang dihimpun Ditjen Perhubungan Darat, tercatat pergerakan mudik pada Kamis (24/12) dengan total 176.365 kendaraan yang meninggalkan Jakarta. Jumlah terbanyak berada di Cikampek Utama arah timur dengan 55.188 kendaraan.

“Kami mengimbau pemudik untuk mengatur jadwal perjalanan agar tetap nyaman dan menghindari terjadinya penumpukan arus lalu lintas pada Minggu nanti," imbuh Budi.

"Pulanglah lebih awal, jamnya juga harus diatur. Sehingga, kalau perjalanan pada pagi hari, tidak ada yang mengantuk," tutupnya.(OL-11)

 

Baca Juga

Ilustrasi

Sandiaga-Bahlil Bentuk Tim Pencari Investor

👤Insi Nantika Jelita 🕔Senin 17 Mei 2021, 23:23 WIB
Jalinan kerja sama tersebut diharapkan Sandiaga dapat secara langsung meningkat kontribusi sektor parekraf, yakni sebesar 5-7,5% dari total...
Ist/BP Batam

Perintah Presiden, Pelabuhan Batu Ampar Mulai Bersih dari Gudang

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 17 Mei 2021, 21:26 WIB
Pemerintah Pusat meminta BP Batam agar mengubah Pelabuhan Batu Ampar menjadi Pelabuhan yang modren dan lebih...
Antara/Mohamad Hamzah

Realisasi dan Serapan Program PEN 2021 Dinilai Lebih Baik

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Senin 17 Mei 2021, 20:53 WIB
“Realisasi Program PEN saya kira relatif lebih baik dari tahun lalu. Walaupun perbaikan itu utamanya lebih didukung di sektor-sektor...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Optimalkan Potensi Zakat, Ekonomi Bergerak

Berdasarkan data outlook zakat Indonesia pada 2021 yang dipublikasikan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), potensi zakat Indonesia mencapai Rp327,6 triliun.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya