Jumat 25 Desember 2020, 17:35 WIB

Bencana Banjir paling Banyak Melanda Indonesia

Atalya Puspa | Humaniora
Bencana Banjir paling Banyak Melanda Indonesia

ANTARA/Raisan Al Farisi
Warga menggunakan perahu melintasi banjir yang melanda Bojongasih, Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Jumat (25/12).

 

HINGGA 18 Desember 2020, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat terdapat 2.831 kejadian bencana hidrometeorologi. Rinciannya yakni banjir 1.036 kejadian, puting beliung 858 kejadian, tanah longsor 549 kejadian, kebakaran hutan dan lahan 326 kejadian, serta kekeringan 29 kejadian.

"Banjir menjadi bencana yang paling banyak terjadi," kata Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati kepada Media Indonesia, Jumat (24/11). Banjir berdampak pada 258 orang meninggal dunia dan hilang, 271 orang terluka, 4.362.016 orang mengungsi dan terdampak, serta 815.905 rumah terendam.

Sebelumnya, Kepala BNPB Doni Monardo, mengatakan bahwa dalam lima tahun terakhir, Indonesia mengalami kerugian jiwa hingga infastruktur yang cukup tinggi. Indonesia berada pada peringkat pertama dengan jumlah korban jiwa terbanyak di dunia akibat bencana di beberapa wilayah.

Menurut Doni, Indonesia berada pada titik yang amat berisiko, sehingga BNPB perlu gencar menjaga keselamatan melalui mitigasi bencana yang tepat. Ia juga mengatakan bahwa setiap penduduk seharusnya turut paham dan sadar akan risiko bencana.

"BNPB telah membagi empat kluster kebencanaan, yakni geologi dan vulkanologi, hidro-metereology I (kering), bencana nonalam dan hidro-meteorology II (basah)," kata Doni.

Ia pun menyatakan, BNPB telah mengupayakan revitalisasi daerah aliran sungai (DAS) prioritas dan reforestasi. Begitu pula dengan tindakan prabencana, saat terjadi bencana, dan pascabencana.

"Tindakan pascabencana dapat dilakukan dengan penanaman vegetasi yang memulihkan dan melindungi misalnya vetiver sebagai pencegah longsor," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Anak Alergi Susu Sapi Lebih Rentan Kekurangan Zat Besi

👤Eni Kartinah 🕔Selasa 13 April 2021, 18:29 WIB
Ketika anak tak bisa mengonsumsi susu sapi karena alergi, ia rentan mengalami kekurangan zat gizi penting, termasuk zat...
Ist

Vaksinasi Covid-19 untuk Tenaga Pendidik Dilgelar di Lippo Mall

👤Eni Kartinah 🕔Selasa 13 April 2021, 18:05 WIB
Para tenaga pendidik yang divaksin Covid-19 di Lippo Mall Kemang merupakan hasil kerja sama dengan Dinas Kesehatan DKI...
Dok. Pahamifuy

Pahamify Siapkan Berbagai Aktivitas Bantu Pelajar Hadapi UTBK

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Selasa 13 April 2021, 17:57 WIB
Beberapa program yang dijalankan untuk membantu pelajar #TaklukanUTBK antara lain Pahamify Accelerator Program (PAP), TryOut UTBK 2021,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Salah Kaprah Salurkan Energi

Kenakalan remaja pada masa lalu hingga masa kini masih ada, bahkan semakin meninggi. Itu terjadi karena remaja sering kali mementingkan solidaritas grup.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya