Kamis 24 Desember 2020, 12:00 WIB

LIPI Hibahkan Alat Terapi Oksigen untuk Rumah Sakit Advent Bandung

Humaniora | Humaniora
LIPI Hibahkan Alat Terapi Oksigen untuk Rumah Sakit Advent Bandung

Dok LIPI
Penyerahan hibah HFNC dari LIPI kepada Rumah Sakit Advent, Bandung, Rabu (23/12).

 

LEMBAGA Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) menghibahkan alat terapi oksigen bertekanan tinggi High Flow Nasal Cannula (HFNC) kepada Rumah Sakit Advent Bandung yang menangani pasien covid-19. High Flow Nasal Cannula (HFNC) produksi LIPI bisa membantu menaikan saturasi oksigen dan pasien cepat sembuhnya tidak perlu alat yang mengganggu. 

Deputi bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI Agus Haryono mengatakan tujuan hibah alat HFNC ini adalah untuk memberikan bantuan kepada petugas medis dalam rangka penanganan pandemi Covid-19. Hal ini sekaligus merupakan bentuk diseminasi hasil inovasi kegiatan Covid-19 di LIPI kepada masyarakat pengguna.

Baca juga: Perpuhi Tunda Lagi Keberangkatan Jemaah Umrah

Hal ini, lanjut Agus, merupakan bentuk diseminasi hasil inovasi kegiatan Covid-19 di LIPI kepada masyarakat pengguna. Dirinya berharap masyarakat bisa memanfaatkan hasil-hasil penelitian dan pengembangan yang dilakukan oleh para peneliti LIPI eehingga hasil LIPI betul-betul mampu menjawab kebutuhan masyarakat. “Terutama para pasien Covid-19 yang membutuhkan penanganan, dengan menggunakan alat terapi oksigen beraliran tinggi (HFNC),” tuturnya.

Kepala Pusat Penelitian Elektronika dan Telekomunikasi LIPI Budi Prawara menjelaskan bahwa HFNC telah dikembangkan sejak awal masa pandemi tatkala kebutuhan akan ventilator meningkat bagi perawatan pasien covid-19.

Para peneliti LIPI berinovasi dengan memprakarsai HFNC hingga saat ini telah tersebar lebih dari 600 unit di seluruh Indonesia. Alat HFNC ini juga telah lolos uji dari Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan serta mengantongi izin edar dari Kementerian Kesehatan. Alat HFNC juga merupakan salah satu produk unggulan Bakti Inovasi Indonesia yang dicetuskan oleh Kemenristek/BRIN.

Dokter spesialis penanganan covid-19 di RS. Advent Bandung, dr. Ackly Agu, Sp. An-KIC. Ackly mengatakan HFNC mampu meningkatkan secara signifikan saturasi oksigen pasien yang telah menurun dalam tempo waktu yang relatif cepat. “Saturasi dari 60 % kemudian naik hingga 80 %, cepat sekali. Dengan HFNC langsung kelihatan hanya dalam hitungan berapa menit cepat naik dan pasien lebih nyaman,” paparnya. (H-3)
 

Baca Juga

ANTARA/ARIF FIRMANSYAH

Pemerintah Komitmen Pertajam Isu Strategis Disabilitas dan Lansia

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 11:35 WIB
Individu penyandang disabilitas di Indonesia menghadapi risiko finansial yang cukup signifikan dan selain itu menjadi tua di Indonesia juga...
Dok. Instagram Sanggar Senja Cibinong

Sanggar Senja Perjuangkan Pendidikan dan Identitas Anak-Anak Jalanan

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 11:16 WIB
Yayasan Sanggar Senja Cibinong adalah tempat berkumpulnya anak-anak jalanan yang terbuang dan kaum marjinal yang dibantu dalam bentuk...
Ant/Destyan Sujarwoko

Sejarah Berdirinya Kerajaan Majapahit

👤Farrel Ardan 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 10:15 WIB
KERAJAAN Majapahit merupakan kerajaan Hindu-Budha terakhir di Nusantara antara abad ke-13 dan ke-16, terbesar di...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya