Rabu 09 Desember 2020, 20:40 WIB

Menristek: Uji Klinis Vaksin pada Hewan Butuh Waktu

Suryani Wandari Putri Pertiwi | Humaniora
Menristek: Uji Klinis Vaksin pada Hewan Butuh Waktu

Antara
Ilustrasi

 

MENTERI Riset dan Teknologi (Menristek) Bambang PS Brodjonegoro mengatakan, vaksin merah putih untuk  covid-19 yang dikembangkan Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya belum menampakan hasil.

Sebelumnya vaksin ini dijadwalkan akan diuji klinis pada hewan seperti, kera dan tikus pada Desember ini. Menurut Menristek, hal ini terjadi akibat memerlukan waktu yang cukup panjang. Ia pun berharap proses uji klinisnya berjalan lancar.

"Uji hewan membutuhkan waktu dan persiapan khusus. Mudah-mudahan semua sesuai rencana," kata Bambang ketika dihubungi Rabu (9/12).

Dalam prosesnya, jika uji klinis pada hewan ini berhasil, dilanjutkan uji klinis pada manusia. Selain terus mengembangkan penelitian pada vaksin merah putih, UNAIR juga memproses pengembangan obat covid-19.

Baca juga : Distribusi Vaksin Tunggu Fatwa Halal MUI

Selanjutnya, Bio Farma melakukan akan melakukan rangkaian uji klinis tahap I, II, dan III pada 2021. Baru nantinya BPOM bakal memberi izin.

"Triwulan 1 bisa melakukan bibit, harapannya triwulan IV itu sudah bisa diproduksi massal dan barangkali sudah bisa dilakukan vaksinasi dengan Vaksin Merah Putih," ucap dia.

Kemenristek/BRIN masih terus memberi bantuan dan berharap vaksin Merah Putih berhasil dibuat. Ia pun mengayakan jika uji klinis sukses dan siap diproduksi massal, impor vaksin akan diberhentikan.

"Instruksi Presiden di ratas, begitu vaksin merah putih siap, stop impor," pungkasnya. (OL-2)

 

Baca Juga

DOK Daop 5 Purwokerto

Penumpang Kereta Api Masih Diwajibkan Bermasker

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:52 WIB
PT Kereta Api Indonesia (KAI) menegaskan kepada para pelanggan bahwa masker tetap wajib digunakan selama berada di stasiun dan perjalanan...
Dok Universitas Mercu Buana (UMB).

UMB Penerima Terbanyak Dana Hibah Penelitian LLDIKTI III

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:46 WIB
Universitas Mercu Buana (UMB) menjadi peguruan tinggi swasta yang terbanyak menerima dana hibah penelitian 2022 di Lembaga Layanan...
Bahauddin/MCH

Pemerintah Kebut Vaksinasi Jemaah Haji

👤M. Iqbal Al Machmudi 🕔Jumat 20 Mei 2022, 10:40 WIB
Muhadjir Effendy mengungkapkan pemerintah terus kebut vaksinasi covid-19 jemaah haji untuk memenuhi syarat yang diwajibkan oleh Pemerintah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya