Rabu 25 November 2020, 07:45 WIB

Potensi Tsunami di Mentawai, BNPB Pasang Sistem Peringatan Dini

Atalya Puspa | Humaniora
Potensi Tsunami di Mentawai, BNPB Pasang Sistem Peringatan Dini

ANTARA/Iggoy el Fitra
Pelajar memenuhi perahu motor saat berangkat sekolah dari Sikakap, Pulau Pagai Utara, Kepulauan Mentawai, Sumatra Barat, Kamis (24/5/2018)

 

Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah memasang sistem peringatan dini tsunami di Pulau Siberut, Kabupaten Kepulauan Mentawai, pada November ini. Sistem yang dikembangkan BNPB dan UGM ini diujicobakan dengan melibatkan BPBD dan warga setempat.

Dalam pengujian sistem peringatan dini, Universitas Gadjah Mada (UGM) bersama BNPB dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Mentawai melakukan rangkaian simulasi evakuasi tsunami. Hal itu bertujuan untuk menguji sistem yang dibangun untuk menghadapi potensi tsunami di Kecamatan Siberut Utara.

Baca juga: Wisata Berbasis Ekosistem dan Kearifan Lokal untuk Masyarakat

Simulasi evakuasi tsunami merupakan puncak dari serangkaian kegiatan sistem peringatan dini yang dibangun sejak dari tanggal 15 hingga 23 November 2020. Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk memberikan informasi yang benar dan akurat dari pemerintah tentang bahaya tsunami melalui sirine yang terpasang.

"Simulasi ini diharapkan dapat dilakukan secara berkelanjutan, misal tanggal 26 setiap bulan atau setiap tahunnya. Tentu, ini akan membantu kesiapsiagaan warga setempat dalam menghadapi bencana," kata Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati dalam keterangan resmi, Selasa (24/11).

Kepala Seksi Integrasi Pemantauan BNPB Aminingrum mengatakan, pengetahuan dan upaya peningkatan kesiapsiagaan bukanlah untuk menakut-nakuti tetapi merupakan suatu upaya untuk melatih mental dan diri dalam menghadapi bencana.

“Adanya simulasi dengan membunyikan sirine itu tidak bermaksud menakut-nakuti warga, simulasi dengan menggunakan sirine dimaksudkan agar warga mendapat informasi yang benar dan akurat dari pemerintah tentang bahaya tsunami,” ujar Aminingrum.

Kabupaten Kepulauan Mentawai merupakan target dalam prioritas nasional untuk pemasangan alat peringatan dini tsunami di Indonesia. (Ata/H-3)

Baca Juga

Dok. Shafwah Global Utama

Shafwah Holidays Gandeng Santri Kembangkan Wisata Halal

👤Ghani Nurcahyadi 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:53 WIB
program yang dinamakan Ustadpreneur itu mengajak santri di seluruh Indonesia untuk mengembangkan paket wisata halal melalui...
ANTARA/Nova Wahyudi

BMKG Ingatkan Waspada Hujan Ekstrem Hingga Februari 2021

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:40 WIB
Masyarakat juga diimbau berhati-hati dengan tidak mendekati area kejadian guna menghindari risiko yang lebih...
INSTAGRAM/kopikalyan

Tak Surut Mengenalkan Cita Rasa Nusantara di Masa Pandemi

👤Akmal Fauzi 🕔Rabu 20 Januari 2021, 23:28 WIB
Penyesuaian menu tentu menjadi pertimbangan Putri dan beberapa rekannya mengembangkan bisnis kopi di Tokyo namun tak melepas unsur kuliner...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya