Senin 23 November 2020, 08:30 WIB

Kena Diare saat Covid-19, Makanlah yang Lunak dulu

Ferdian Ananda Majni | Humaniora
Kena Diare saat Covid-19, Makanlah yang Lunak dulu

MI
Bubur ayam, salah satu makanan lunak yang sebaiknya dikonsumsi pasien covid-19 dengan gejala diare.

 

DIARE dan kehilangan penciuman menjadi salah satu gejala lain covid-19 yang umumnya terjadi. Pada kasus pasien covid-19 dengan keluhan diare, ada sejumlah rambu khusus yang harus diketahui dalam pemenuhan gizinya.

"Jika ada diare, sementara makanan bentuk lunak, seperti tim," kata ahli gizi Suharyati kepada Media Indonesia, belum lama ini.

Ia melanjutkan, beberapa pantangan yang harus ditaati adalah hindari makanan pedas, asam, sayuran berserat tinggi, seperti daun singkong dan daun pepaya. Sayuran tidak diberikan dalam bentuk lalapan. "Lalu, tetap penuhi kebutuhan cairan tubuh minimal 8 gelas sehari," sambungnya.

Untuk anak di bawah 5 tahun, kata Suharyanti, porsi makanan juga pastinya berbeda dengan pasien dewasa, disesuaikan dengan kebutuhan.

Suharyanti menyampaikan, mengonsumsi makanan bergizi seimbang berperan penting dalam mempertahankan kondisi tubuh agar tetap sehat dan merupakan salah satu cara agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Menurutnya, meskipun makanan bukan sepenuhnya penangkal infeksi virus, dengan gizi yang baik,sistem kekebalan tubuh akan lebih kuat dan akan memberikan perlindungan ekstra bagi tubuh.

"Misalnya, makanan sumber protein, yaitu lauk pauk yang kita konsumsi, ikan, daging, hati, telur, tempe, tahu, kacang-kacangan, makanan sumber vitamin, mineral yakni buah-buahan, sayuran, alpukat, jambu biji, pisang dan sayuran di antaranya brokoli, bayam," sebutnya.

Anggota Persatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI) itu menambahkan makanan dengan gizi seimbang mengandung berbagai zat gizi, seperti karbohidrat dan lemak sebagai sumber tenaga; dan protein untuk pembentukan dan perbaikan sel. Sedangkan vitamin dan mineral berperan mengatur proses pertumbuhan dan memelihara sistem kekebalan tubuh. (H-2)

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Perpusnas Kolaborasi dengan Kampus Kembangkan SDM Perpustakaan

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 20 Januari 2021, 01:30 WIB
Kerja sama tersebut dituangkan dalam perjanjian kerja sama (PKS) antara Perpusnas dengan Politeknik STIA LAN...
ANTARA/AMPELSA

Masyarakat Harus Disiplin Terapkan Protokol Kesehatan

👤Budi Ernanto 🕔Selasa 19 Januari 2021, 23:35 WIB
Masih banyak yang abai menerapkan protokol...
Istimewa

Alat Diseminasi BMKG Rilis Info Gempa Susulan Mamuju dalam 3 Menit

👤Atalya Puspa 🕔Selasa 19 Januari 2021, 22:55 WIB
BMKG belum bisa menyimpulkan kapan gempa susulan akan...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya