Senin 17 Agustus 2020, 16:17 WIB

Pemerintah Harap Uji Klinis Vaksin Fase III Berjalan Lancar

Atalya Puspa | Humaniora
Pemerintah Harap Uji Klinis Vaksin Fase III Berjalan Lancar

Antara/NOVRIAN ARBI
Petugas menyuntikan vaksin kepada relawan saat uji klinis Vaksin COVID-19, Bandung (14/8/2020)

 

Pemerintah berharap uji klinis vaksin covid-19 fase III yang kini tengah berlangsung dapat berjalan dengan lancar agar vaksin dapat segera diproduksi secara massal di Indonesia.

"Harapannya, uji klinis fase 3 ini lulus, dan kemudian dapat disampaikan ke BPOM untuk memperoleh izin produksi. Setelah itu Biofarma memproduksi vaksin tersebut untuk digunakan di Indonesia," kata Deputi Kesehatan Kemenko PMK Agus Suprapto, Senin (17/8).

Ada pun nantinya setelah uji klinis vaksin dinyatakan selesai, penerapan adaptasi kebiasaan baru masih terus harus dilakukan. Pasalnya, perlu ada pemantauan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI).

Baca juga: HUT RI ke-75, Menkes Ingatkan Tetap Laksanakan Protokol Kesehatan

"Karena intervensi harus dilakukan sebagai satu paket, seperti tetap harus cuci tangan, etika batuk, dan lain-lain bisa menjadi kebiasaan PHBS yang semakin baik. Jika sudah ada vaksin, maka perlu ditentukan prioritas target vaksin, rencana distribusi, dan lain-lain," lanjutnya.

Namun, karena pengembangan vaksin masih membutuhkan waktu selama 6 bulan ke depan, maka Agus mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan secara tertib.

"Intervensi non pharmasi seperti jaga jarak, physical distancing, memakai masker, cuci tangan memakai sabun, stay at home dan lain-lain harus dilakukan secara optimal," tandasnya. (OL-14)

Baca Juga

Instagram @lestarimoerdijat

Pemangkasan Cuti Bersama Harus Seiring Mengendalikan Pergerakan Ma

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 01 Desember 2020, 19:40 WIB
Pemerintah sudah berupaya menerapkan langkah hati-hati menjelang libur panjang akhir tahun, dalam bentuk pengurangan jumlah hari libur...
Antara/Nyoman Hendra

Oktober, Kunjungan Wisman ke RI Hanya 158 Ribu Orang

👤Despian Nurhidayat 🕔Selasa 01 Desember 2020, 18:57 WIB
BPS melaporkan kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia masih landai. Kondisi itu dipengaruhi pandemi covid-19 dan kebijakan...
ANTARA/Fakhri Hermansyah

Kemendikbud: Pembelajaran Tatap Muka 2021 Bagi Sekolah yang Siap

👤Syarief Oebaidillah 🕔Selasa 01 Desember 2020, 18:30 WIB
 Pembelajaran tatap muka bukan diwajibkan namun dimungkinkan dengan memenuhi seluruh syarat yang ditetapkan dalam SKB 4...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya