Minggu 16 Agustus 2020, 13:05 WIB

ITB Perpanjang Pendaftaran Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

Zubaedah Hanum | Humaniora
 

INSTITUT Teknologi Bandung (ITB) memperpanjang masa pendaftaran mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021 hingga 22 Agustus 2020. Maklumat tersebut diumumkan di laman https://usm.itb.ac.id. Jadwal pelaksanaan Seleksi Mandiri ITB (SM-ITB) tahun 2020 tersebut masih mungkin mengalami perubahan, terkait kondisi kejadian luar biasa wabah covid-19.

"Dalam rangka memperluas kesempatan calon mahasiswa untuk dapat melanjutkan pendidikan tinggi di Institut Teknologi Bandung, masa pendaftaran calon peserta Seleksi Mandiri ITB 2020 yang sedianya akan berakhir pada tanggal 23 Juli 2020, diperpanjang hingga tanggal 22 Agustus 2020," sebut pengumuman itu.

ITB telah melakukan penyesuaian sistem penerimaan mahasiswa baru Program Sarjana (reguler) sejak 2019 lalu, dimana seleksi akan dilaksanakan dalam tiga jalur yaitu, Seleksi Nasional Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Mahasiswa Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Mandiri (SM) – ITB.

Adapun kuota untuk masing-masing jalur seleksi adalah SNMPTN sebesar 35%, SBMPTN 35% dan SM-ITB 30%. Penggunaan portofolio untuk pendaftar program studi dalam bidang seni dan olahraga dalam SNMPTN dan SBMPTN didasarkan pada kriteria seleksi yang berlaku secara nasional.

Khusus untuk calon mahasiswa Fakultas Seni Rupa dan Desain
ITB memiliki kriteria khusus lain dalam proses seleksi. Hal itu terkait potensi kreatif dan kemampuan merespon stimulus secara spontan yang hanya dapat dilakukan melalui Ujian Keterampilan.

Penyelenggaraan Seleksi Mandiri ITB mengakomodasi pelaksanaan Ujian Keterampilan sebagai komponen seleksi untuk menjaring calon mahasiswa yang memenuhi kriteria tersebut.

Seleksi Mandiri ITB diprioritaskan bagi calon mahasiswa yang belum diterima melalui jalur seleksi SNMPTN/SBMPTN atau seleksi program Kelas Internasional ITB tahun 2020. Penyelenggaraan SM-ITB didasarkan pada desk evaluation dengan menggunakan dua komponen penilaian.

Pertama, hasil UTBK, nilai Rapor, serta kriteria lainnya, bagi pendaftar ke fakultas/sekolah selain FSRD. Kedua, hasil UTBK, Nilai Rapor, hasil tes kemampuan seni rupa, serta kriteria lainnya, bagi pendaftar ke FSRD.

Dalam SBMPTN 2020, ITB menempati peringkat teratas 10 PTN dengan nilai UTBK tertinggi di kategori saintek sebesar 624,07 maupun soshum 628,59.

Setelah ITB, peringkat UTBK tertinggi dipegang UI (620,01) dan UGM (611,45) untuk kategori saintek. Pada kategori soshum, peringkat kedua juga ditempati UI (608,63) dan UGM (608,04). (H-2)

 

Baca Juga

Rommy Pujianto

Peran TNI AL di Tapal Batas Pulau Miangas

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 06 Desember 2020, 08:00 WIB
TNI AL melaksanakan tiga fungsi. Antara lain fungsi penangkalan, penindakan, dan pemulihan terhadap segala ancaman yang mungkin terjadi di...
ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

BMKG Ingatkan Potensi Hujan Sedang-Lebat di Sejumlah Wilayah

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 06 Desember 2020, 07:25 WIB
Potensi hujan sedang hingga lebat diprediksi akan terjadi di Banten, Jawa Barat, NTB, Bali hingga...
ANTARA FOTO/Fauzan/rwa.

AS Siap Distribusikan Vaksin Covid-19

👤ATIKAH ISHMAH WINAHYU 🕔Minggu 06 Desember 2020, 05:15 WIB
PERUSAHAAN-PERUSAHAAN di Amerika Serikat (AS) mulai mempersiapkan upaya logistik besar-besaran guna membantu distribusi vaksin...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya