Senin 03 Agustus 2020, 17:30 WIB

Tanggapi Obat Herbal Hadi Pranoto, Masyarakat Diminta Waspada

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Tanggapi Obat Herbal Hadi Pranoto, Masyarakat Diminta Waspada

Antara/ Arif Firmansyah
RAMUAN HERBAL ANTIBODI COVID-19: Hadi Pranoto menunjukkan ramuan herbal untuk antibodi COVID-19, di Kota Bogor, Jabar, Senin (3/8)

 

BEBERAPA hari terakhir beredar pemberitaan seseorang yang mengaku sebagai pakar mikrobiologi, Hadi Pranoto mengklaim telah menemukan obat penyembuh dan pencegah covid-19 melalui kanal YouTube milik artis Erdian Aji Prihartanto atau kerap disapa Anji.

Menganggapi kabar yang sempay viral itu, Ketua Konsorsium Riset dan Inovasi Covid-19 Kemenristek/BRIN Ali Ghufron Mukti menegaskan bahwa Hadi Pranoto tidak pernah menjadi anggota peneliti konsorsium dalam tim pengembangan herbal imunomodulator yang dibentuk oleh Kemenristek/BRIN.

“Isu tersebut tidak dirilis resmi oleh Kemenristek/BRIN, melainkan murni atas nama pribadi yang bersangkutan. Berita/isu yang disampaikan sama sekali tidak ada hubungannya dengan kegiatan Konsorsium Riset dan Inovasi COVID-19,” kata Ali dalam pernyataan tertulis, Senin (3/8).

Selain itu, Kemenristek/BRIN juga tidak pernah memberikan dukungan uji klinis obat herbal produksi Bio Nuswa yang diakui oleh Hadi Pranoto telah diberikan kepada pasien di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet. “Setiap pelaksanaan uji klinis harus mendapatkan persetujuan pelaksanaan uji klinis seperti oleh BPOM dan ethical clearance yang dikeluarkan oleh Komisi Etik,” imbuh Ali.

Kemenristek/BRIN melalui Konsorsium Riset dan Inovasi untuk Percepatan Penanganan COVID-19 selalu menghargai dan mengapresiasi setiap upaya riset dan inovasi dengan prosedur tertentu untuk dapat menangani pandemi covid-19. Namun masyarakat diimbau agar berhati-hati terkait produk herbal yang belum terbukti kebenarannya.

Ali menambahkan setiap klaim yang disebutkan harus melewati kaidah penelitian yang benar dan melakukan uji klinis sesuai protokol yang disetujui oleh BPOM. Untuk itu Ali mengimbau agar masyarakat sebaiknya memeriksa terlebih dahulu ke sumber resmi terpercaya seperti Kementerian Kesehatan atau BPOM.

Ali menuturkan, Kemenristek/BRIN akan terus memantau dan menindaklanjuti berita/isu ini serta terus memperbaharui informasi sesuai data terkini terkait dengan riset dan inovasi untuk percepatan penanganan covid-19.(H-1)

Baca Juga

ANTARA/ Nova Wahyudi

Sinergitas Mutlak Dibutuhkan untuk Capai Herd Immunity

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Selasa 26 Januari 2021, 09:40 WIB
Beberapa polemik harus segera diatasi oleh pemerintah dengan bijak, mengingat tantangan program vaksinasi adalah masih banyaknya masyarakat...
Ist

Presiden Jokowi Ajak Dunia Kerja Bersama Adaptasi Perubahan Iklim

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 09:37 WIB
Presiden RI Joko Widodo Imengajak negara-negara di dunia untuk bekerja keras bersama-sama atasi perubahan iklim sekaligus pandemi...
MI/Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Serukan Langkah Global Tangani Dampak Perubahan Iklim

👤Andhika Prasetyo 🕔Selasa 26 Januari 2021, 09:30 WIB
Perubahan siklus iklim yang terjadi membuat para petani dan nelayan di Tanah Air harus...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya