Rabu 23 Maret 2022, 15:46 WIB

LLDikti Wilayah III Gelorakan Pendanaan Matching Fund

Mediaindonesia.com | Humaniora
LLDikti Wilayah III Gelorakan Pendanaan Matching Fund

Dok LLDikti Wilayah III
Ilustrasi

 

Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melahirkan berbagai bentuk transformasi di dunia Pendidikan tinggi.

Melalui kebijakan ini, terdapat berbagai sasaran yang dicapai dalam hal peningkatan kualitas lulusan, kualitas dosen, kualitas kurikulum dan pembelajaran yang diukur melalui 8 Indikator Kinerja Utama (IKU) antara lain; lulusan mendapatkan pekerjaan yang layak, mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, dosen berkegiatan di luar kampus, praktisi mengajar di dalam kampus, hasil kerja dosen digunakan oleh masyarakat dan mendapat rekognisi internasional, program studi bekerja sama dengan mitra kelas dunia, kelas yang kolaboratif dan partisipatif, dan program studi berstandar internasional.

Dalam upaya untuk mewujudkan hal tersebut, dilakukanlah berbagai gebrakan program oleh Mendikbudristek salah satunya dengan Transformasi Dana Pemerintah, yaitu matching fund. Pendanaan ini berbasis kemitraan yang mendorong terbentuknya ekosistem kolaborasi antara Perguruan Tinggi, Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) untuk mengakselerasi konektivitas serta pengembangan iptek di dunia kampus dengan industri.

Pada tahun 2022 ini, Kemendikbudristek mengalokasikan dana matching fund sebesar 950 miliar. Maka, dalam mendukung program ini, Kemendikbudristek telah menyediakan platform Kedaireka dalam mendukung penyaluran matching fund dan bertindak sebagai ruang pertemuan antara dosen, peneliti, juga pelaku industri untuk berkolaborasi melahirkan gagasan inovatif dalam menjawab permasalahan yang terjadi di tengah masyarakat.

Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah III Provinsi DKI Jakarta sebagai satuan kerja dari Kemendikbudristek, menjalankan tugas dan fungsinya dalam hal fasilitasi peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan tinggi, pada Selasa (22/3) melaksanakan Bimbingan Teknis Penyusunan Proposal Matching Fund Kedaireka Tahun 2022  dan mengundang 80 perguruan tinggi.

Bersamaan dengan hal tersebut, LLDikti Wilayah III juga berencana akan menjalin sinergi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dalam hal kerjasama MBKM dengan pendanaan Matching Fund. Kepala LLDikti Wilayah III, Dr. Ir. Paristiyanti Nurwardani, M.P. menuturkan bahwa saat ini terdapat 297 Perguruan Tinggi Swasta dan 5 Perguruan Tinggi Negeri di lingkungan LLDikti Wilayah III.  

Khusus bagi Perguruan Tinggi Vokasi, matching fund akan mengembangkan metode pembelajaran mahasiswa yang terlibat langsung dengan DUDI, dimana mahasiswa akan mendapatkan pengalaman Project-Based Learning. “Dengan jalinan sinergi ini, kita akan terus mewujudkan SDM unggul yang berdaya saing,” imbuh Paris. (OL-12)

Baca Juga

Ist

Coreta Louise Luncurkan Koleksi Terbaru di New York Fashion Week

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 14:31 WIB
Kali ini tema yang diangkat adalah "Sea Reflection" yang terinspirasi dari keindahan bawah laut khususnya Bunaken Sulawesi Utara...
dok.ist

Jokowi: Kita Butuh SDM Berkualitas dan Berintegritas

👤Selamat Saragih 🕔Minggu 25 September 2022, 13:21 WIB
PRESIDEN RI Joko Widodo (Jokowi) menyebut bahwa Indonesia membutuhkan SDM yang berkualitas dan berintegritas demi memenuhi tantangan pasar...
ANTARA/Makna Zaezar

KLHK Ajak Semua Pihak Cegah Kecelakaan Akibat Asap Karhutla di Jalan Tol

👤Atalya Puspa 🕔Minggu 25 September 2022, 13:15 WIB
Basar menambahkan perlunya patroli yang intensif dari para pihak pengelola jalan tol untuk mereduksi risiko kecelakaan akibat asap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya