Selasa 07 Juli 2020, 19:38 WIB

Tiga Gempa Guncang Pulau Jawa Hari ini, Warganet Panik

Insi Nantika Jelita | Humaniora
Tiga Gempa Guncang Pulau Jawa Hari ini, Warganet Panik

Ilustrasi
ilustrasi gempa

 

PULAU Jawa diguncang gempa sebanyak tiga kali hari ini, namun ketiganya tidak berpotensi tsunami

Gempa pertama terjadi pada pukul 05.54 WIB, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mencatat gempa berkekuatan 6,1 skala Richter mengguncang Kabupaten Jepara, Jawa Tengah.

Adapun lokasi gempa ialah sejauh 53 kilometer arah Barat Laut Jepara, Jateng. Tepatnya di koordinat 6,12 lintang selatan dan 110,55 bujur timur dengan kedalaman 578 kilometer.

Gempa kedua terjadi pada pukul 11.44 WIB dengan kekuatan 5,4 SR mengguncang daerah Rangkasbitung, Banten. BMKG mencatat lokasi gempa ialah sejauh 18 kilometer arah Barat Laut Jepara, Jateng. Tepatnya di koordinat 6,69 intang selatan dan 106,14 bujur timur dengan kedalaman 18 kilometer. Gempa tersebut juga tidak berpotensi gempa.

BMKG menyebut, guncangan gempa bumi ini dirasakan di daerah Lebak. Bila pada siang hari dirasakan oleh orang banyak dalam rumah di Cihara, Rangkasbitung, Bayah, Pandeglang, Malingping, Cibeber, Banjarsari, Sukabumi, Jakarta, Depok dan Bandung.

"Warga diminta menghindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa," ujar Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono dalam keterangan resminya, Jakarta, Selasa (7/7).

Baca juga : BMKG: Rentetan Gempa Hari Ini Tidak Saling Terkai

Tak lama dari gempa di Rangkasbitung, pada pukul 12.17 WIB gempa terjadi lagi di Pangandaran, Jawa Barat, berkekuatan 5 SR. Lokasi gempa ialah sejauh 233 kilometer arah Barat Daya Kabupaten Pangandaran. Tepatnya di koordinat 9.42 lintang selatan dan 107.27 bujur timur dengan kedalaman 10 kilometer

Trending tagar gempa mewarnai jagat maya sepanjang hari ini. Warganet pun menuai respon. Misalnya akun @JerymantoR berdoa semoga keadaan baik-baik saja.

"Astaghfirullah halazim hari ini pulau jawa udh 3 x di landa gempa. Semoga kita semua selalu dalam Allah SWT," cuitnya.

Lalu warganet dengan akun @mahesyaputra mengatakan," Banyak sekali gempa hari ini. Apakah lempengan bumi lagi gabut hari ini sehingga tidak mau diam," ucapnya.

Akun @JeriWijaya2 juga ikut memberikan komentarnya. "Berasa lagi di ruang tamu, bergoyang cukup kuat sekitar 3 detik. Domisili : Citayam - Jawa Barat. Mudah-mudahan kita semua selalu dalam perlindungan Tuhan," pungkasnya. (OL-7)

Baca Juga

AFP/Bay Ismoyo

Abaikan Protokol, Rizieq hingga Mer-C Akan Diminta Keterangan

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 29 November 2020, 21:47 WIB
Menurut dia, Rizieq bisa saja merasa sehat dan tidak menularkan penyakit kepada orang lain. Tapi Rizieq selalu dikerumuni sehingga bisa...
Antara/Asprilla Dwi Adha

Sindir Rizieq, Mahfud: Warga yang Baik Taat Protokol Kesehatan

👤Cahya Mulyana 🕔Minggu 29 November 2020, 20:54 WIB
"Dalam situasi penularan covid-19 yang masih terjadi setiap warga negara hendaknya menjalankan protokol kesehatan termasuk secara...
Antara/Arnas Padda

Pembukaan Sekolah Harus Perhatikan Indikator Epidemiologis

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 29 November 2020, 20:20 WIB
"Paling tidak bisa menggunakan indikator epidemiologi, kalau kasus banyak atau zona merah dan oranye, saya sarankan tidak membuka...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya