Rabu 24 Juni 2020, 22:40 WIB

Kekerasan Seksual pada Anak Paling Banyak Terjadi

Atalya Puspa | Humaniora
Kekerasan Seksual pada Anak Paling Banyak Terjadi

MI/FRANSISCO CAROLIO HUTAMA GANI
Selama pandemi, anak rentan menjadi korban kekerasan dan masyarakat berperan penting dalam melindungi mereka.

 

DATA Sistem Informasi Online Perlindungan Perempuan dan Anak (SIMFONI PPA) memperlihatkan, telah terjadi 3.087 kasus kekerasan terhadap anak dan lebih dari separuhnya merupakan kasus kekerasan seksual, yakni sebanyak 1.848 kasus. Sedangkan, sisanya berupa kekerasan fisik 852, dan psikis 768.

Saat menanggapi tingginya kasus kekerasan anak selama periode Januari-Juni 2020, aktivis perlindungan anak dari Kantor Berita Anak Indonesia, Ilma Sovri Yanti mengaku prihatin.

Menurutnya, anak menjadi rentan korban kekerasan karena beberapa faktor. Faktor utama adalah kedekatan peran figur yang luntur, kedua, konflik orang tua yang sudah retak karena adanya KDRT, dan masalah tekanan ekonomi keluarga, terlebih dalam situasi krisis karena pandemi seperti sekarang.

"Dan aktivitas yang terbatas dalam kondisi yang terbatas pula mengakibatkan tingkat stres mau pun depresi cukup tinggi," kata Ilma kepada Media Indonesia, Rabu (24/6).

Ia menegaskan, aksi perlindungan anak dari kekerasan merupakan tanggung jawab semua pihak, termasuk masyarakat sebab sebagian besar tindak kekerasan tersebut terjadi di sekitar kita.

"Dalam UU Perlindungan Anak, masyarakat diminta perannya untuk melakukan pencegahan dan memberikan perlindungan kepada situasi anak yang dianggap rentan. Bentuk dan perlakuannya pun beragam dengan tetap mengacu kepada kepentingan terbaik anak, tumbuh kembang anak, dan perlindungan anak," urainya.

Selama pengasuhan, lanjut Ilma, orang tua berperan memastikan hak anak dapat terpenuhi, terwujudnya kesejahteraan berkelanjutan, ada status hukum yang jelas dan tidak hanya memenuhi materi tapi juga kasih sayang bagi anak.

"Perhatian pada setiap anak adalah momen menjaga anak dari ketidakpercayaan pada figur yang selama ini didapatkan dari orangtuanya," sambungnya. (H-2)

Baca Juga

Antara

KPAI: 83 Persen Sekolah Belum Siap Pembelajaran Tatap Muka

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Senin 30 November 2020, 16:02 WIB
Hasil pengawasan penyiapan pembelajaran tatap muka (PTM) di masa pandemi sejak Juni hingga November 2020 yakni 83,68% sekolah belum...
Antara

Menag: ASN Kemenag Tak Boleh Berbeda Sikap dengan Pemerintah

👤Faustinus Nua 🕔Senin 30 November 2020, 15:56 WIB
"Saya ingatkan selalu, Kemenag bagian dari pemerintah. Jadi jangan sampai ada individu (ASN) di Kemenag yang memiliki sikap berbeda...
MI/Firqon

Media Group Serahkan Ribuan APD kepada Jaringan Gusdurian

👤Faustinus Nua 🕔Senin 30 November 2020, 14:55 WIB
Media Group melalui Dompet Kemanusiaan Media Group (DKMG) menyerahkan bantuan alat pelindung diri (APD) kepada Jaringan Gusdurian, pada...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya