Kamis 18 Juni 2020, 19:53 WIB

Menengok Kiat Sukses Blogger Helena dan Youtuber Juliana

Thomas Harming Suwarta | Humaniora
Menengok Kiat Sukses Blogger Helena dan Youtuber Juliana

Instagram/helenamantra
Blogger Helena Mantra

 

BLOGGER Helena Mantra tidak menyangka hobinya menulis kini membuahkan hasil. Selain bisa menyalurkan hobi, Helena yang mantap menekuni dunia blogger melalui blog pribadinya www.helenamantra.com tersebut, juga bisa mendapatkan penghasilan yang tidak sedikit.

Berbagi pengalamannya sebagai Blogger melalui program menunggu Sunset di kanal instagram Media Indonesia, Kamis (18/6) sore, Helena bercerita awal mula menjadi blogger sejak SMA karena hobinya menulis diari berupa pengalaman-pengalaman pribadinya. 

Baca juga: Kabar Baik, Penelitian Vaksin Covid-19 Tujukkan Kemajuan

"Sampai suatu ketika saya berjumpa dengan Mbak Nurul seorang blogger juga yang cerita kalau dia karena jadi bloggger bisa jalan-jalan gratis ke luar negeri, ya saya jadi termotivasi, lalu masuk komunitas dan terua belajar jadi sampai seperti sekarang," kata Helena yang saat ini fokus menggarap konten blog seputar parenting tersebut.

Soal kiat-kiat sukses sebagai Blogger, kata dia, hal yang utama adalah memulai saja untuk menulis hal-hal yang menjadi passion.

"Dan tentu saja penting sekali bergabung dengan komunitas karena itu membantu sekali untuk terus belajar bahkan pekerjaan itu datang dari komunitas juga," sambungnya.

Dalam beberapa pengalamannya, Helena bahkan pernah mereview sebuah produk dan karena tulisannya kemudian digunakan oleh brand produk tersebut untuk mengulas produk-produk yang lain. 

"Artinya ya kita bisa berbagi tentang produk yang kita gunakan misalnya saja panci di rumah, kalau kita ibu-ibu kan itu bisa menjadi modal yang baik. Kita bisa diajak kerja sama untuk mengulas produk-produk yang lain," kata Helena.

Pengalaman serupa diutarakan Youtuber, Juliana, dengan channel youtube 'Bersih-Bersih Rumah." Berawal dari memantau kontem Youtube anaknya, Juliana kini menjadi Youtuber profesional dengan penghasilan rutin setiap bulan. Kata Juliana, setiap orang bisa membuat konten melalui Youtube Channel untuk bisa mendapatkan penghasilan. 

"Yang penting modal pertama adalah kemauan dan lakukan saja dulu, buat konten yang memang kita suka," katanya.

Juliana sendiri memilih mengunggah konten bersih-bersih rumah karena itulah juga kesehariannya sebagai seorang ibu rumah tangga. 

"Dan yang penting juga adalah konsisten membuat konten. Ini penting sekali apabila kita ingin mendapatkan penghasilan atau supaya youtube channel kita dimonetisasi," katanya.

Selain konsistensi, Juliana juga mengingatkan pentingnya komunitas. 

"Selain terus belajar tentu saja kita juga jadi memililki banyak jaringan. Ini penting sekali," aku Juliana. (OL-6)

Baca Juga

Antara

Bangun Pabrik Bahan Bakar dari Sawit

👤Ant/H-3 🕔Kamis 21 Januari 2021, 09:25 WIB
Saran kebijakan dibuat para peneliti LIPI sebagai bahan pertimbangan pemerintah, yang didasarkan dari bukti-bukti...
AFP

Tata Kelola Pendidikan Pengaruhi Mutu Guru

👤(Bay/H-1) 🕔Kamis 21 Januari 2021, 09:15 WIB
Banyak faktor yang memengaruhi kualitas pendidikan saat ini, antara lain data yang tidak akurat terkait dengan jumlah guru yang...
MI/Denny Susanto

Jembatan Darurat Mataraman Banjar Ditarget Hari Ini Bisa Dilalui

👤Humaniora 🕔Kamis 21 Januari 2021, 09:00 WIB
Pembatasan dilakukan karena jembatan dibangun dalam waktu singkat itu bersifat darurat, sehingga kendaraan yang melewati terutama roda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya