Kamis 28 Mei 2020, 06:35 WIB

Tidak Ada Kasus Baru di 7 Provinsi

Ifa/Pra/X-10 | Humaniora
Tidak Ada Kasus Baru di 7 Provinsi

Antara
Ketua TGTP2C, Doni Monardo

 

SEBANYAK tujuh provinsi, yaitu Aceh, Bengkulu, Jambi, Sulawesi Tengah, Riau, Papua Barat, dan Nusa Tenggara Timur menunjukkan tren baik dengan tidak terjadi penambahan jumlah kasus positif covid-19. Sementara itu, hingga saat ini sebanyak 110 kabupaten/kota masih terbebas dari covid-19.

Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan Covid-19, Achmad Yurianto, mengatakan, di tujuh provinsi itu tidak ada lagi perluasan wilayah yang terdampak dan tidak ada lagi penularan lokal yang tidak ter kendali. ‘’Artinya, daerah-daerah ini sudah mulai terkendali dan sudah boleh, mulai kita sarankan untuk dilakukan relaksasi pada beberapa peraturan tanpa meninggalkan aspek protokol kesehatan,” jelas Yurianto dalam telekonferensi dari Gedung BNPB, Jakarta, kemarin.

Yurianto menambahkan pemerintah dan Gugus Tugas Covid-19 masih terus mengkaji perihal relaksasi untuk wilayah-wilayah dengan tren kasus yang baik. Semua ini bertujuan membangkitkan produktivitas masyarakat yang tetap aman dari covid-19.

Sementara itu, 110 kabupaten/kota yang terbebas dari covid-19 itu terdapat di 87 kawasan daratan dan 23 kepulauan.

“Daerah-daerah ini nyaris steril dari ancaman covid-19,” ujar Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, seusai mengikuti rapat terbatas, kemarin.

Doni mengatakan hal itu terjadi karena daerah itu jarang dikunjungi masyarakat dari luar. Selain itu, mereka juga memiliki tingkat kepatuhan yang tinggi dalam menjalankan protokol kesehatan.

“Masyarakat bisa bekerja sama dengan pemerintah daerah dan para tokoh dengan sangat baik,” tuturnya.

Dalam rapat terbatas percepatan penanganan pandemi covid-19, kemarin, Presiden Joko Widodo meminta uji spesimen covid-19 dipercepat. Tindakan itu menekan penyebaran.

“Target uji spesimen 10 ribu per hari yang sudah saya berikan agar dikejar sehingga betul-betul ada sebuah kecepat an,” tegas Jokowi.

Hingga kemarin, sebanyak 6.057 pasien covid-19 dinyatakan sembuh. Angka itu meningkat sebanyak 180 orang dari hari sebelumnya.

Di sisi lain, kasus positif covid-19 meningkat sebanyak 686 orang sehingga total menjadi 23.851 orang, sedangkan kasus meninggal meningkat 55 orang menjadi 1.473. (c)

Baca Juga

Antara/Dhemas Reviyanto

Soal Laporan PPKM, Jakarta dan Bandung Disebut Paling Responsif

👤Putri Anisa Yuliani 🕔Senin 25 Januari 2021, 17:45 WIB
Selama PPKM tahap pertama pada 11-25 Januari, terdapat 70 laporan terkait pelanggaran prokes di berbagai daerah yang masuk ke Koalisi Warga...
MI/ Bary Fathahilah

Butuh Langkah Progresi Hadapi Ancaman Ledakan Penyebaran Covid-19

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 17:35 WIB
Langkah strategis itu, antara lain penambahan sarana dan prasarana kesehatan untuk mengatasi pertambahan kasus positif Covid-19 yang cukup...
m.youtube.com

Masalah Kulit Bisa Disebabkan Oleh Stres

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 17:13 WIB
Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Raendi Rayendra mengatakan, stres adalah faktor utama yang bisa memicu timbulnya alergi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya