Rabu 29 April 2020, 18:20 WIB

Kemendikbud Perlu Ingatkan Orang Tua Agar Tetap Bayar SPP

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Kemendikbud Perlu Ingatkan Orang Tua Agar Tetap Bayar SPP

Antara/Iggoy el Fitra
Seorang murid SD di Sumatra Barat belajar melalui siaran streaming TVRI.

 

KEMENTERIAN Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengungkapkan sekitar 56% sekolah swasta meminta bantuan pemerintah dalam menghadapi krisis akibat pandemi covid-19.

Selain pihak sekolah, sekitar 60% siswa dari sekolah swasta juga meminta keringanan untuk membayar SPP hingga 50%. Pakar pendidikan dari Universitas Paramadina, Totok Amin Soefijanto, menuturkan pejabat di Kemendikbud seharusnya ikut mengingatkan orang tua agar tetap disiplin membayar SPP, sehingga sekolah tidak mengalami krisis.

“Harus dari Kemendikbud menyadarkan para orang tua bahwa Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) ini sebenarnya sama dengan sekolah. Penjelasan seperti itu nggak ada. Jadi harus disadarkan para orang tua, diberi inspirasi,” jelas Totok saat dihubungi, Rabu (19/4).

Baca juga: Cegah Covid-19, 65 Kampus Pakai Metode Belajar Daring

Dalam situasi darurat seperti saat ini, lanjut Totok, sosialisasi dan pernyataan pemerintah, baik pusat maupun daerah, menjadi hal penting bagi masyarakat. Dia pun berpendapat pemerintah tidak perlu memberi bantuan khusus bagi sekolah swasta, selain dana bantuan operasional sekolah (BOS).

“Kalau itu dituruti nanti semua sekolah swasta jadi sekolah negeri. Karena biaya komponen anggarannya terlalu banyak dari negara,” pungkas Totok.

Hal ini menjadi tugas yayasan dan pimpinan sekolah untuk menjadikan sekolah sebuah ekosistem milik bersama. “Jangan apa-apa kurang ke pemerintah. Berat itu pemerintah kalau harus biayai semua SPP. Kalau begitu tidak usah ada sekolah swasta saja,” tutupnya.(OL-11)

 

 

Baca Juga

AFP/CRISTIAN NISTOR

Orangtua Berperan Besar Bantu Anak Pahami Cara Bersosialisasi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 29 Juni 2022, 07:45 WIB
"Ketika anak melihat ayah dan ibu bekerja sama sebagai pasangan, itu contoh sosialisasi yang luar biasa bagi...
eeyuva

Mencegah Stunting dengan Pelajari Asupan Gizi

👤Yakub Pryatama W 🕔Rabu 29 Juni 2022, 06:54 WIB
Melalui gadget dan internet, orangtua dapat dengan mudah mendapatkan informasi nilai gizi bahan pangan, sehingga bisa mengukur asupan gizi...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

2 Bibit Siklon Tropis Tumbuh di Utara Indonesia, Begini Dampaknya

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Rabu 29 Juni 2022, 06:48 WIB
"Keberadaan 2 bibit siklon tropis di utara Indonesia tersebut secara umum hanya berdampak cukup signifikan terhadap kondisi gelombang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya