Senin 02 Maret 2020, 13:20 WIB

Masa Berlaku Visa Umrah Bisa Diperpanjang Gratis

Atikah Ishmah Winahyu | Humaniora
Masa Berlaku Visa Umrah Bisa Diperpanjang Gratis

Antara
Jemaah umrah yang gagal berangkat dapat memperpanjang masa berlaku visanya secara gratis

 

PEMERINTAH Arab Saudi akan memberikan perpanjangan visa umrah tanpa dipungut biaya kepada jemaah umrah yang batal melaksanakan ibadah setelah diberlakukannya larangan masuk ke negara tersebut.

Seperti diketahui, pemerintah Arab Saudi menangguhkan izin masuk bagi warga dari sejumlah negara sebagai antisipasi wabah virus korona.

Menteri Agama Fachrul Razi mengungkapkan, berdasarkan informasi yang didapatkannya dari Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Kemenlu telah melobi pemerintah Arab Saudi agar memberikan keringanan bagi jemaah umrah yang gagal menunaikan ibadah akibat penangguhan izin masuk di negaranya.

"Saya tanya ke Bu Menlu, katanya sudah ada jaminan. Menurut informasi dari Bu Menlu ya, sudah ada jaminan dari Saudi akan mengizinkan untuk perpanjangan visa tanpa tambahan-tambahan biaya," kata Fachrul Razi saat ditemui di kantor Kementerian Agama, Jakarta Pusat, Senin (2/3).

Menag mengaku, sampai saat ini belum ada kabar terbaru dari pemerintah Arab Saudi terkait kepastian kapan penangguhan izin masuk ke negaranya akan dicabut. Namun, dia memastikan bahwa pemerintah dan pihak terkait seperti penyelenggara umrah telah sepakat tidak akan meminta biaya tambahan pada jemaah umrah.

"Kemarin kita semua sepakat, baik agen perjalanan maupun penerbangan, tidak akan mengenakan biaya tambahan apapun kepada jemaah," tuturnya.

Menag pun berharap problem wabah virus corona dapat segera teratasi dan penangguhan izin masuk Arab Saudi segera dicabut, sehingga tidak mengganggu perjalanan ibadah haji yang tidak lama lagi akan dilaksanakan.

"Persiapan-persiapan haji ini sementara jalan terus aja, mudah-mudahan tidak ada perubahan," pungkasnya. (OL-2)

Baca Juga

DOK Untar

Mahasiswa Diajak Manfaatkan Peluang Usaha di Saat Pandemi

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 02 Desember 2020, 23:27 WIB
Masa pandemi Covid-19 yang terjadi saat ini bisa dimanfaatkan para mahasiswa sebagai peluang dalam berwirausaha. Beradaptasi dengan...
DOK Universitas Pancasila

Konfrensi ITSA Sarana Kembangkan Dunia Pariwisata

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 02 Desember 2020, 23:12 WIB
Sektor pariwisata di Indonesia ke depannya akan semakin maju dan mendatangkan banyak devisa...
Humas Garuda Food

Mindfulness-Based Business Ajarkan Berbisnis dengan Hati

👤Syarief Oebaidillah 🕔Rabu 02 Desember 2020, 22:57 WIB
MBB pada dasarnya adalah praktik berbisnis yang menjadikan profesi/mata pencaharian sebagai wahana untuk melakukan transformasi diri,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya