Kamis 02 Januari 2020, 16:54 WIB

Menkominfo Minta Operator Stabilkan Layanan Terdampak Banjir

Dhika Kusuma Winata | Humaniora
Menkominfo Minta Operator Stabilkan Layanan Terdampak Banjir

MI/Pius Erlangga
Menkominfo Johhny G Plate

 

BENCANA banjir di Jabodetabek yang terjadi sejak Rabu (1/1) menyebabkan beberapa base transceiver station (BTS) milik operator seluler mengalami gangguan lantaran pemutusan aliran listrik.

Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate meminta pihak operator untuk tetap menjaga layanan seluler di wilayah-wilayah yang terdampak banjir.

"Kemenkominfo meminta operator seluler  mengerahkan segala upaya untuk memulihkan BTS yang masih down dengan menggunakan genset sehingga dapat berfungsi kembali secara normal meskipun PLN masih memutuskan jaringan listrik dikarenakan kondisi masih belum aman," kata Johnny melalui keterangan pers di Jakarta, Kamis (2/1).

Pemantauan jaringan telekomunikasi yang dilakukan Kemenkominfo dua hari terakhir menunjukkan secara keseluruhan masyarakat masih bisa menggunakan layanan seluler untuk berkomunikasi. 

Hanya saja, beberapa BTS milik operator di Jabodetabek sempat mati dan operator mengerahkan listrik cadangan (mobile backup power) atau genset. 

Baca juga : Back Water dan BKT Penuh Penyebab Banjir Meluas

"Pada Kamis pagi (2/1), layanan telekomunikasi kembali terganggu karena back up power tersebut hanya bertahan beberapa jam saja dan operator seluler mengalami kendala untuk mengakses lokasi-lokasi yang BTS-nya down karena masih ada banjir," kata Menkominfo.

Berdasarkan catatan Kemenkominfo, layanan seluler untuk jaringan operator Telkomsel masih bisa melayani 

pelanggan di wilayah Jabodetabek meski beberapa BTS di wilayah Jabodetabek mati akibat tidak tersedianya suplai listrik. 

Untuk jaringan XL Axiata secara keseluruhan jaringan terpantau masih aman dan pelanggan masih bisa menggunakannya meski ada beberapa BTS yang terdampak pemadaman listrik.

Adapun jaringan Indosat juga masih dapat memberikan layanan ke pelanggan meski beberapa site mati dikarenakan tidak adanya aliran listrik dari PLN. Begitu juga jaringan Hutchison 3 Indonesia dan Smartfren Telecom masih memberikan layanan meski sejumlah BTS sempat mati. (OL-7)

Baca Juga

Ilustrasi

Cegah Dampak Psikologis Penyebaran Covid-19 Meluas

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 19:00 WIB
Indonesia berada di peringkat 19 dunia, peringkat 4 Asia dan tertinggi di Asia...
ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga

Kasus Tembus 1 Juta, Menkes: Momen untuk Berduka dan Bekerja Keras

👤Antara 🕔Selasa 26 Januari 2021, 18:55 WIB
Hari ini, kasus COVID-19 di Indonesia telah mencapai satu juta kasus tepatnya 1.012.350 kasus, setelah jumlah orang yang tertular COVID-19...
MI/Andri W

Penerapan Prokes di Transposrtasi Umum Bakal Diperketat

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 26 Januari 2021, 18:25 WIB
LAYANAN transportasi umum baik di darat, laut, dan udara dipastikan semakin memperketat protokol kesehatan untuk mencegah dan mengendalikan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya