Minggu 21 Juli 2019, 16:31 WIB

Makeup Base yang Baik Bisa Atasi Kulit Stres dan Penuaan Dini

Eni Kartinah | Humaniora
Makeup Base yang Baik Bisa Atasi Kulit Stres dan Penuaan Dini

MI/Eni Kartinah
Penjelasan tentang makeup base yang dianjurkan untuk wanita Indonesia.

 

Indonesia berada di wilayah garis khatulisiwa atau ekuator dan beriklim tropis. Mereka yang tinggal di daerah beriklim tropis beriko besar terpapar sinar matahari. Di balik balik, manfaat sinar matahari, terdapat blue light dari sinar matahari tenyata dapat memicu dan menimbulkan stres pada kulit.

Selain paparan blue light dari sinar matahari,  terdapat pula blue light berasal dari layar gadget seperti telepon selular, laptop, dan tablet yang  memiliki efek yang sama. Blue light dari gadget bisa membuat kulit stres.  

Pertanyaan bagamaina ciri-ciri dari kulit yang stres? Ciri kulit yang stres ditandai dengan kulit mengalami penuaan dini. Garis-garis pada wajah tampak kentara, kerutan terlihat jelas, dan warna kulit pun menjadi tidak merata.

Bila kulit wajah mengalami stres dengan ditandai penunaan dini pada wajah, seorang perempuan bisa merasa tak percaya diri. Pasalnya kulit wajahnya tidak terlihat segar, muda, bersih, lembap, dan kencang.

Bukan hanya itu yang dihadapi para wanita terutama di wilayah urban atau perkotaan. Tinggal di daerah perkotaan, gampang sekali terpapar radikal bebas yang dipicu polusi dari asap kendaraan, industri, dan radiasi. Paparan radikal bebas tersebut ternyata bisa memperburuk kesehatan kulit termasuk membuat kulit stres.

Dengan banyaknya faktor yang bisa memicu stes pada kulit terutama kulit wajah, maka kaum perempuan dianjurkan menggunakan makeup base yang memiliki formula tidak berbeda dengan bahan untuk skincare.

Pakar makeup Philips Kwok mengungkapkan, “Fungsi utama makeup adalah untuk menonjolkan kelebihan dan menutupi kekurangan pada wajah. Hal ini terlihat pada konsep ‘No Makeup’ makeup dengan hasil natural dan flawless yang bertahan hingga kini. “

“Untuk mendapatkan tampilan ini perlu didukung dengan makeup base yang tidak hanya menyamarkan kekurangan wajah dengan sempurna, namun juga ringan, lembap, dan memberikan efek hasil akhir yang natural atau tidak mencolok,” jelas Philips Kwok.

Dalam acara tentang kesehatan kulit dan peluncuran Revlon PhotoReady Candid™ di Jakarta, beberapa waktu lalu, Deputy Brand Manager Revlon Indonesia Muhammad Irvan menjelaskan makeup base atau rias alas dasar harus memberikan hasil yang natural dan flawless atau sempurna.

Makeup base harus mengandung dan diperkaya vitamin E sebagai antioksidan dan antipolutan, serta anti-blue light yang mampu melindungi kulit dari paparan blue light dari sinar matahari dan layar gaddet,” jelas Muhammad Irvan.

 Muhammad juga mengingatkan para pengguna makeup base agar memilih produk yang  mengimplementasikan konsep clean beauty yaitu mengandung hanya bahan-bahan yang dibutuhkan kulit dan menghilangkan bahan-bahan yang tidak dibutuhkan, serta formulanya yang ringan dan melembapkan sepanjang hari.

Di sisi lain, di era modern, perempuan kekinian tidak terpisahkan dari gadget untuk bisa terkoneksi dengan internet secara intensif setiap harinya. Dengan risiko terpapar blue light besar dari gadget dan dapat memicu kulit stres, maka perempuan modern tidak bisa lagi menggunakan makeup base yang biasa-biasa saja.

Belum lagi risiko terpapar blue light dari sinar matahari dan radikal bebas juga akan dialami semua perempuan. Faiza Miranti, Marketing Communication Revlon Indonesia menganjukan para perempuan menggunakan makeup base yang memiliki tekstur menyerupai pelembap sehingga mudah dibaur, mengandung SPF 13, terasa ringan, lembap, dan nyaman sepanjang hari.

Selain itu, makeup base dilengkapi dengan kafein untuk efek menyegarkan, membantu menyamarkan kantung mata dan lingkaran gelap bawah mata.(OL-09)

 

 

 

Baca Juga

ANTARA/Didik Suhartono

Jangan Sampai Keterbatasan Alat Kesehatan Hambat Hak Masyarakat

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 04 Desember 2020, 06:39 WIB
Saat ini, sudah didistribusikan sebanyak 1.315 portable ventilator yang diberikan kepada 34 provinsi di seluruh...
MI/ANDRI WIDIYANTO

Satgas Covid-19 Minta Masyarakat Makin Patuh Prokes

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 04 Desember 2020, 06:22 WIB
Liburan panjang merupakan momentum pemicu utama penurunan kepatuhan disiplin protokol...
ANTARA/Rivan Awal Lingga

Kapasitas Testing 16 Provinsi Capai Target WHO

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Jumat 04 Desember 2020, 06:15 WIB
Dari 16 provinsi tersebut, ada 3 provinsi yang konsisten mencapai standar WHO dalam 5 minggu terakhir yaitu DKI Jakarta, Kalimantan Timur,...

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya