Selasa 24 Januari 2023, 19:41 WIB

Jubir Wapres: Stok Beras dalam Negeri Tahun ini Cukup

Emir Chairullah | Ekonomi
Jubir Wapres: Stok Beras dalam Negeri Tahun ini Cukup

Antara/Muhammad Bagus Khoirunas.
Warga memanen padi menggunakan etem di Cibadak, Lebak, Banten, Senin (23/1/2023).

 

KEMENTERIAN Pertanian mengklaim ketersediaan stok beras yang ada di dalam negeri cukup untuk konsumsi lokal. Menurut Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi, pemerintah sebenarnya tidak perlu melakukan impor beras untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri.

"Menurut Menteri Pertanian stok nasional tahun ini akan cukup. Pada dasarnya tidak impor pun sudah cukup," kata Masduki dalam keterangan persnya usai pertemuan Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo di kediaman Wapres, Jakarta, Selasa (24/1).

Hal ini untuk meredakan kekhawatiran publik atas ketersediaan beras dalam negeri akibat bermacam bencana di sejumlah wilayah penghasil beras nasional. Namun, ungkap pria yang akrab dipanggil Cak Duki, impor beras terpaksa dilakukan karena ada kondisi psikologis yang harus diatasi pemerintah seperti harga jual di konsumen yang terlalu tinggi. "Jadi ada kondisi kemahalan harga dan faktor lain yang menyebabkan harus impor walaupun tidak impor sebenarnya sudah cukup," jelasnya.

Cak Duki menambahkan, dalam pertemuan itu Mentan mengungkapkan bahwa saat ini kondisi pembangunan pertanian di Indonesia sudah berjalan dengan baik. "Karena itu dalam pertemuan tersebut Mentan mengundang Wapres untuk mengunjungi daerah yang sukses pembangunan pertaniannya, baik di Jawa dan luar Jawa," pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

Ist

Lima Cara Meriset Produk Unggulan untuk Tingkatkan Omzet Penjualan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:24 WIB
Riset produk dapat menjadi cara untuk melihat perkembangan kompetitor sehingga Anda dapat mengembangkan produk dan layanan dengan lebih...
MI/Henri

Swiss Tertarik Kerja Sama Bangun IKN

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:09 WIB
DUTA Besar Swiss untuk Indonesia Olivier Zehnder menyatakan ketertarikan negaranya untuk kerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam...
MI/Ramdani

Menkop UKM: Revisi UU Perkoperasian Agar Tidak Ada Penjahat Keuangan di Koperasi

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 09 Februari 2023, 11:46 WIB
MENTERI Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan rencana pemerintah untuk melakukan revisi Undang-Undang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya