Senin 23 Januari 2023, 13:26 WIB

Sambut Penerbangan Tiongkok, Kemenhub: Dorong Mobilitas Turis

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Sambut Penerbangan Tiongkok, Kemenhub: Dorong Mobilitas Turis

ANTARA FOTO/Fikri Yusuf
Wisatawan mancanegara asal China tiba di Terminal Internasional Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung, Bali, Minggu (22/1/2023).

 

DIREKTORAT Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan (Kemenhub) merespons positif penerbangan perdana (charter flight) Lion Air PK-LSU JT2648, tipe pesawat Boeing 737-900ER dengan rute penerbangan Shenzhen Bao’an International Airport (SZX), Tiongkok ke Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Denpasar Bali (DPS).

Direktur Jenderal Perhubungan Udara M. Kristi Endah Murni mengatakan dengan kebijakan baru pemerintah Tiongkok yang membuka border atau perbatasan sejak 8 Januari 2023 akan memberikan nilai positif bagi Indonesia dengan mampu menggeliatkan industri penerbangan Tanah Air.

“Kami menyambut baik penerbangan perdana ini untuk mendorong mobilitas wisatawan ke Indonesia," ujarnya dalam keterangan pers, Senin (23/1).

Pihaknya memberikan dukungan penuh terhadap pesawat yang telah memenuhi regulasi dan aturan yang ada, dengan memberikan izin terbang kepada pesawat tersebut.

Baca juga: Jelang Imlek, Penumpang Bandara Soetta Alami Peningkatan

Kristi menyebut dengan banyak negara yang sudah membuka perjalanan internasionalnya termasuk Tiongkok akan berdampak pada permintaan pembukaan jalur penerbangan yang diyakini terus bertambah.

"Kunjungan tersebut juga tetap dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat di destinasi wisata Indonesia," tambahnya.

Penerbangan langsung dari Shenzhen ke Bali pada Minggu (22/1), membawa 212 penumpang dari Tiongkok yang terdiri dari 193 penumpang dewasa, 17 anak-anak dan 2 balita.

Selain itu, kedatangan ratusan turis asal Negeri Tirai Bambu itu juga diharapkan mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) di Tanah Air, khususnya Bali.

Terhitung bahwa jumlah kunjungan wisman ke Bali melebihi target yang ditetapkan yaitu 500.000. Kunjungan di 2022 pada periode Januari–November 2022 tercatat 1.778.470 kunjungan Wisman yang datang langsung ke Bali.

Wisman yang paling banyak datang ke Bali periode Januari–November berasal dari Australia (511.272 kunjungan), India (145.111 kunjungan), Inggris (108.838 kunjungan), Amerika (91.248 kunjungan) dan Perancis (88.405 kunjungan). (Ins/OL-09)

Baca Juga

Ist

Lima Cara Meriset Produk Unggulan untuk Tingkatkan Omzet Penjualan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:24 WIB
Riset produk dapat menjadi cara untuk melihat perkembangan kompetitor sehingga Anda dapat mengembangkan produk dan layanan dengan lebih...
MI/Henri

Swiss Tertarik Kerja Sama Bangun IKN

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 09 Februari 2023, 12:09 WIB
DUTA Besar Swiss untuk Indonesia Olivier Zehnder menyatakan ketertarikan negaranya untuk kerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam...
MI/Ramdani

Menkop UKM: Revisi UU Perkoperasian Agar Tidak Ada Penjahat Keuangan di Koperasi

👤Despian Nurhidayat 🕔Kamis 09 Februari 2023, 11:46 WIB
MENTERI Koperasi dan UKM Teten Masduki menegaskan rencana pemerintah untuk melakukan revisi Undang-Undang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya