Selasa 17 Januari 2023, 15:36 WIB

Ini Empat Langkah Pemerintah untuk Stabilkan Harga Bahan Pokok

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Ini Empat Langkah Pemerintah untuk Stabilkan Harga Bahan Pokok

Antara
Potret pedagang di pasar saat merapikan barang dagangannya.

 

PEMERINTAH memiliki empat langkah untuk melakukan stabilisasi harga bahan pokok dan pengendalian inflasi pangan yang bergejolak. Keempat langkah tersebut dinilai berhasil meredam gejolak harga pangan selama momen Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Hal itu diungkapkan Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan dalam Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forkopimda 2023, Selasa (17/1). "Ada empat garis besar kebijakan yang kami lakukan dalam menentukan stabilisasi barang kebutuhan pokok untuk pengendalian inflasi pangan yang bergejolak," jelasnya.

Adapun langkah kebijakan yang pertama ialah melalui pemantauan pasar dan harga. Ini dilakukan secara real time melalui Sistem Pemantauan Pasar dan Kebutuhan Pokok (SP2KP) yang dikelola oleh Kementerian Perdagangan.

Pada 2022, sebanyak 441 pasar dan 22 pasar induk di Tanah Air dapat dimonitor secara langsung. Jumlah tersebut bertambah dari tahun sebelumnya yang hanya memantau 90 pasar dan 20 pasar induk.

Baca juga: Pengamat: Impor Beras Berdampak pada Kesejahteraan Petani

"Jadi harganya (yang dipantau) hampir mendekati fakta yang ada di lapangan. Sehingga kita setiap pagi bisa mengikuti harga secara langsung, fakta apa yang terjadi di lapangan di pasar mana pun," kata Zulkifli.

Langkah pengendalian harga yang kedua dilakukan melalui optimalisasi pemanfaatan Gerai Maritim. Ini diselenggarakan dengan memanfaatkan tol laut, jembatan udara, serta subsidi angkutan darat untuk menekan disparitas harga yang ada di wilayah tertinggal, terpencil, terluar dan perbatasan (3TP).

Ketiga, pengendalian harga juga dilakukan melalui kebijakan impor. Langkah ini diambil berdasarkan hitungan kebutuhan bahan pokok guna meredam harga yang bergejolak. Salah satu yang sempat menarik perhatian publik ialah keputusan pemerintah untuk mengimpor beras.

Zulhas, sapaan akrabnya, menegaskan bahwa langkah tersebut diambil untuk memenuhi kecukupan cadangan beras pemerintah (CBP) di gudang milik Perum Bulog. Sebab, stok CBP sempat menipis ke angka 300 ribu ton, sedangkan kategori aman ialah 1,2 juta ton. 

Alhasil, saat itu harga beras mengalami kenaikan hingga Rp1.000 per liter. Keputusan impor beras sekaligus ditujukan untuk mengendalikan gejolak harga beras. Hingga akhir Desember 2022, Bulog telah mengimpor 75 ribu ton beras dari kuota yang disetujui pemerintah sebanyak 500 ribu ton.

Perusahaan pelat merah itu memiliki waktu hingga akhir Februari untuk melakukan penugasan impor beras. Kegiatan impor beras tak akan diperkenankan pada saat panen raya berlangsung di Tanah Air, yakni periode Maret.

Baca juga: Inflasi Diprediksi Masih Tinggi pada Paruh Pertama 2023

"Beras impor yang datang ini sekarang dihabiskan untuk melakukan operasi pasar. Bulog menyediakan beras medium dengan harga Rp8.200 atau Rp9.450 per kg, agar dapat membantu masyarakat yang tidak mampu membeli beras premium, yang harganya Rp11-12 ribu per kg," terang Zulhas.

Hal serupa juga dilakukan untuk komoditas kedelai. Harga komoditas tersebut tengah mengalami kenaikan, sehingga Bulog ditugaskan untuk melakukan impor. "Ada berbagai kendala belum bisa terlaksana, tetapi sudah diambil alih oleh beberapa pelaku sektor lain," ujarnya.

"Sekitar dua hari yang lalu, kedelai (impor) sudah tiba di Merak. Oleh karena itu, 1-2 hari ini harga kedelai dipastikan bisa Rp11.000-12.000, atau turun dari Rp14.000," sambung Zulhas.

Adapun langkah keempat untuk menjaga stabilitas harga bahan pangan ialah pemanfaatan sistem resi gudang (SRG). Adapun SRG dimanfaatkan sebagai buffer stock bahan pokok di Tanah Air. Saat ini, terdapat 112 gudang SRG untuk menampung beras, gula, bawang merah, ayam, dan kedelai.(OL-11)
 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Reformasi Pajak Dorong Pertumbuhan Ekonomi, Poppy Zeidra : Optimis

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 19:06 WIB
Sebagaimana diketahui, Direktorat Jenderal Pajak terus mendorong reformasi perpajakan untuk meningkatkan kepatuhan...
Dok. Kementan

Panen Padi di Kabupaten Bekasi Melimpah, ini Pesan dan Harapan Petani

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 19:03 WIB
"Alhamdulillah panen musim ini hasilnya sangat memuaskan. Padahal secara jadwal tanam disini sedikit...
Dok. Kementan

BPS: Panen Padi Kabupaten Bekasi Meningkat 3 Persen, Sangga Jabar dan DKI Jakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 18:58 WIB
"Produksi padi dan beras dihitung hingga level kabupaten dan kota. Termasuk hitungan di Kabupaten Bekasi. Dimana sejak 2021 luas...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya