Selasa 17 Januari 2023, 14:11 WIB

Inflasi Diprediksi Masih Tinggi pada Paruh Pertama 2023

M. Ilham Ramadhan Avisena | Ekonomi
Inflasi Diprediksi Masih Tinggi pada Paruh Pertama 2023

Medcom.id
Ilustrasi.

 

BANK Indonesia memprediksi tingkat inflasi Indonesia masih akan relatif tinggi di paruh pertama tahun ini. Hal itu didorong oleh potensi kenaikan inflasi pangan akibat gejolak harga-harga yang terjadi. 

"Paruh pertama ini masih tekanan inflasinya masih tinggi, khususnya untuk pangan itu masih tinggi, demikian juga untuk harga-harga yang diatur pemerintah di semester pertama itu perlu kita kendalikan," ujar Gubernur BI Perry Warjiyo dalam Rapat Koordinasi Nasional Kepala Daerah dan Forkopimda 2023, Selasa (17/1).

Dia mengatakan, wilayah yang paling berpotensi mengalami lonjakan harga pangan dan peningkatan inflasi ialah Bali, Nusa Tenggara, Sumatera, Sulawesi, dan Papua. Karenanya peranan pemerintah daerah untuk memonitor dinamika di lapangan menjadi krusial. 

Komunikasi dan sinergi erat antarpemda juga diperlukan agar bisa melengkapi ketersediaan dan kebutuhan bahan pangan. Hal lain yang tak kalah penting, kata Perry, ialah memastikan distribusi logistik berjalan dengan lancar. 

"Tim pengendalian dan inflasi daerah, gerakan nasional pengendalian inflasi pangan ini menjadi sangat penting," ujarnya. 

Perry mengatakan, ancaman kenaikan inflasi itu diperkirakan baru akan mereda pada semester kedua tahun ini. Setidaknya angka inflasi umum diproyeksikan bakal melandai di kisaran 3% hingga 4% diantara triwulan III dan triwulan IV 2023. (OL-6)

Baca Juga

Antara/M Risyal Hidayat

Pengurus Hotel dan Restoran Konsolidasi di Jogja

👤Mediandonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 23:51 WIB
Privy mengenalkan sekaligus mensosialisasikan produk Privypass sebagai salah satu fungsi identitas digital terverifikasi dalam...
Ist

Berbisnis Juga Perlu Jaga Kelestarian Lingkungan dan Sosial 

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:38 WIB
Dalam berbisnis diperlukan suatu keseimbangan untuk mencapai profit sambil menjaga kelestarian lingkungan dan...
Dok.Ist

Jambaran-Tiung Biru Pertamina EP Cepu  Resmi Salurkan Energi Untuk Jatim dan Jateng

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 22:22 WIB
JTB akan memasok gas sebesar 192 MMSCFD untuk kebutuhan pembangkit listrik dan industri di wilayah Jawa Timur serta Jawa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya