Selasa 03 Januari 2023, 16:30 WIB

Pengamat: Impor Beras Berdampak pada Kesejahteraan Petani

Despian Nurhidayat | Ekonomi
Pengamat: Impor Beras Berdampak pada Kesejahteraan Petani

Antara
Sejumlah petani membersihkan padi yang baru dipanen.

 

IMPOR beras yang dilakukan pemerintah dapat menekan kesejahteraan petani dan berdampak pada Nilai Tukar Petani (NTP). Hal itu diutarakan Direktur Eksekutif Core Indonesia Mohammad Faisal.

"Kemungkinan, (beras impor) akan tiba bertepatan dengan panen raya. Ini yang akan memukul harga (beras) hasil panen petani pada saat panen raya," ujarnya saat dihubungi, Selasa (3/1).

Baca juga: Kabupaten Malang Tidak Memerlukan Beras Impor

Pemerintah melakukan impor beras melalui Perum Bulog dengan volume 500 ribu ton. Tujuannya, memperkuat cadangan beras pemerintah (CBP). Per 30 Desember 2022, baru 200 ribu ton beras impor yang masuk ke Indonesia dan masih dalam tahap pembongkaran di pelabuhan.

Menurut Bulog, sisa impor beras yang belum masuk ke Indonesia terkendala ombak dan curah hujan tinggi. Sehingga, kapal pengangkut beras impor belum bisa berlabuh ke Indonesia.

Direktur Eksekutif Segara Institute Piter Abdullah menegaskan bahwa kebijakan impor beras merupakan hal yang kontroversial. Apalagi, data terkait beras di dalam negeri berbeda antara satu lembaga dengan lembaga lainnya.

Baca juga: Bulog Salurkan 1,2 Juta Ton Beras Lewat Operasi Pasar

"Kontroversi impor beras itu gambaran pemerintah belum berhasil menjaga, apalagi memajukan sektor pertanian," pungkas Piter.

Piter berpendapat pemerintah harus fokus dalam menjalankan program ketahanan pangan dalam jangka panjang. Sebab, program ketahanan pangan tidak dapat dilakukan hanya dalam satu tahun, namun harus dilakukan secara berkesinambungan.

"Ketahanan pangan bukan program satu tahun. Itu program jangka panjang yang harus disusun dan dilaksanakan secara konsisten," sambungnya.(OL-11)

Baca Juga

DOK pribadi.

Kolaborasi Indonesia dan Jepang Bangun Oasis Central Sudirman

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:29 WIB
Pengembangannya dilakukan oleh Mitsubishi Estate., Co. Ltd sebagai pengembang properti terbesar di Jepang yang juga merupakan salah satu...
Dok.SIG

Tas dan Dompet Kulit Produksi UMKM Binaan SIG Jadi Primadona Bazar UMKM untuk Indonesia

👤Mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 14:39 WIB
Angka penjualan Rp 150 juta itu menjadi salah satu capaian tertinggi yang dicapai UMKM asal Gresik...
Ist/Kementan

Naikkan Kelas dan Ekspor, Mentan SYL Buka Festival Kopi Nusantara 2023

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 01 Februari 2023, 14:38 WIB
Mentan SYL mengatakan Indonesia memiliki 18 jenis kopi dengan rasa yang berbeda - beda yang sangat diminati oleh masyarakat Indonesia...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya