Selasa 27 Desember 2022, 19:54 WIB

Kabupaten Malang Tidak Memerlukan Beras Impor

Bagus Suryo | Nusantara
Kabupaten Malang Tidak Memerlukan Beras Impor

ANTARA
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten Malang, Jawa Timur menyatakan tidak memerlukan beras impor. Pasalnya, Kabupaten Malang saat ini surplus beras.

Hal itu ditegaskan Bupati Malang Mochamad Sanusi, Selasa (27/12). Ia menjelaskan beras impor yang masuk ke pasar justru merugikan petani. 

Seharusnya, pemerintah pusat meningkatkan pembinaan pada petani sejalan dengan penyediaan pupuk bersubsidi yang cukup. Dengan pembinaan dan pupuk murah akan meningkatkan semangat petani dalam mendongkrak produksi dan produktivitas padi. Alhasil, petani lebih sejahtera, ketersediaan pangan pun aman dan terkendali.

Namun, Sanusi menyatakan tidak bisa menolak kebijakan pemerintah pusat yang impor beras sesuai aturan. Di sisi lain, keberadaan beras impor itu tidak diperlukan di Kabupaten Malang sebagai lumbung pangan nasional. 

Yang diperlukan sekarang, lanjutnya, justru Bulog harus menyerap lebih banyak beras dan gabah hasil panen petani ketimbang impor beras. "Kita surplus beras, produktivitas panen padi sudah 12 ton per hektare.  Impor beras itu mematikan kehidupan petani," katanya.

Saat ini, surplus beras di Kabupaten Malang mencapai sebanyak 80.215 ton. Sebab, stok beras kini 281.356 ton dengan total kebutuhan konsumsi penduduk 201.141 ton.

Surplus beras sebanyak itu setelah mencapai produksi padi 438.934 ton dari luas panen sampai Oktober 61.900 ha. Stok beras yang ada mencukupi kebutuhan sampai empat bulan kedepan.

Bahkan, Kabupaten Malang diperkirakan surplus mencapai 96.848 ton pada 2022 atau mengalami kenaikan 15,15% ketimbang 2021. Total surplus terwujud bila produksi padi sebanyak 527.731 ton tercapai sampai akhir 2022 sehingga ketersediaan beras akan mencapai 338.276 ton. (OL-15)

Baca Juga

Dok PWKI

Sowan ke Sultan HB X, PWKI: Hadiah Gunungan Buat Paus Fransiskus Bahagia

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 23:31 WIB
Delegasi PWKI menyerahkan pigura berisi kliping berita dan foto-foto kunjungan delegasi PWKI dalam audiensi umum di Basilica St Petrus,...
Dok.Ist

Pemerintah Kota Serang Minta Wilmar Bantu Petani Tingkatkan Produksi

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 23:25 WIB
Peningkatan produksi akan membawa imbas positif terhadap petani sehingga taraf hidupnya...
MI/Palce/DOK.BMKG

Waspada Gelombang Tinggi hingga 6 Meter pada 1-2 Februari

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 23:11 WIB
Pola angin di sejumlah wilayah Indonesia menyebabkan terjadinya peluang peningkatan gelombang tinggi hingga enam...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya