Sabtu 03 Desember 2022, 21:24 WIB

Pertimbangan dalam Beli Rumah untuk Kehidupan Jangka Panjang

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Pertimbangan dalam Beli Rumah untuk Kehidupan Jangka Panjang

Antara/Adeng Bustomi.
Foto udara perumahan rakyat yang dibangun di lahan pertanian dan perkebunan di Desa Linggasari, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

 

SAAT seseorang akan memutuskan membeli hunian, termasuk di kawasan strategis, ada sejumlah pertimbangan yang diperlukan. Salah satunya, memastikan di lokasi tersebut sudah terdapat fasilitas umum yang menunjang kebutuhan.

Umumnya, beberapa orang memilih untuk mencari rumah yang lokasinya dekat dengan akses transportasi, rumah sakit, fasilitas pendidikan, dan penunjang lain, seperti jarak yang relatif dekat ke stasiun KRL atau jalan tol. Ketika seseorang memutuskan untuk membeli suatu rumah, sama saja dia seperti menginvestasikan kehidupan di sana.

Untuk itu, fasilitas pendukung yang terdapat di sekitar rumah atau perumahan juga merupakan hal penting. Pembeli rumah mungkin membutuhkan sarana olahraga, tempat bermain untuk anak, kolam renang, dan fasilitas pendukung lain.

Tips berikutnya, usahakan untuk tidak terburu-buru saat membeli rumah. Terdapat banyak faktor yang harus dipertimbangkan selain beberapa hal di atas, salah satunya sertifikat kepemilikan rumah. 

Jika jenis sertifikat rumah bukan Sertifikat Hak Milik (SHM) dan Sertifikat Hak Guna Bangun (SHGB), sebaiknya pembeli membatalkan pembelian. Ini karena keduanya merupakan jenis sertifikat yang kepemilikannya paling kuat saat ini.

Kemudian, pastikan untuk membeli hunian melalui agen terpercaya. Saat ini sudah banyak tersebar agen terpercaya yang bisa dijadikan andalan untuk mendapatkan saran pembelian rumah yang tepat.

Apabila sudah memutuskan suatu hunian, tentukan metode pembayaran yang sesuai dengan kemampuan. Head of Agent Account Management Pinhome Panca Satria menyampaikan ada beberapa pilihan metode pembayaran yang cocok untuk profil pembeli yang berbeda. 

Metode pembayaran yang cocok untuk pembeli rumah pertama atau first time home buyer ialah cicilan uang muka dan dilanjutkan dengan KPR. "Setidaknya kita telah memberanikan diri untuk memulai kredit produktif dalam perjuangan memiliki properti atau hunian sendiri," ujar Panca. (Ant/OL-14)

Baca Juga

AFP

Bandara Internasional akan Dipangkas Jadi 15, Ini Penjelasan Erick

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 02 Februari 2023, 21:41 WIB
Pemerintah, sambungnya, juga tidak ingin terus menerus menggelontorkan anggaran untuk operasional 33 bandara internasional, bila faktanya...
Antara

Bayar Tiket Kereta Cepat Jakarta-Bandung Bisa Lewat Gopay

👤Insi Nantika Jelita 🕔Kamis 02 Februari 2023, 21:33 WIB
Potensi kerja sama strategis yang ditawarkan salah satunya pembelian tiket KCJB melalui fitur GoTransit di aplikasi...
Ist

Pasarkan Via Tiktok, Kosmetik Lokal Kojicplanton Digandrung Anak Muda

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 20:41 WIB
Baru setahun launching, brand lokal dan buatan dalam negeri yang dibangun Sendi Siswanto ini ternyata berhasil menyedot perhatian anak muda...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya