Kamis 21 Juli 2022, 09:48 WIB

Bantu Program Tol Laut, Bank Dunia Siap Danai Pembangunan Kapal

Insi Nantika Jelita | Ekonomi
Bantu Program Tol Laut, Bank Dunia Siap Danai Pembangunan Kapal

Antara
Calon penumpang antre memasuki kapal perintis yang merupakan program tol laut.

 

MENTERI Perhubungan Budi Karya Sumadi mengungkapkan adanya keinginan dari Bank Dunia (World Bank) untuk mendukung program tol laut. Dalam hal ini, berupa pendanaan pembangunan kapal roll-on/roll-off atau ro-ro.

Niatan Bank Dunia disampaikan Budi saat meninjau Pelabuhan Tenau di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Rabu (20/7) kemarin. Adapun kunjungannya untuk memastikan program tol laut di wilayah NTT berjalan baik.

Baca juga: Ini Setumpuk Tugas yang Menanti Dekom Baru OJK

“Kami menyambut baik inisiatif bantuan kapal ro-ro dari World Bank, karena daerah kepulauan, seperti NTT dan Maluku, membutuhkan pergerakan lalu lintas kapal yang lebih intens," ujar Budi dalam keterangannya, Kamis (21/7)

Saat ini, pihaknya sedang mengkaji rute dari kapal ro-ro bantuan dari Bank Dunia. Rute tersebut direncanakan dari hub yang berada di Kupang dan Maumere. Nantinya, kapal tersebut berkeliling dari NTT sampai ke Maluku.

"Sehingga, jarak perjalanan kapal tidak jauh. Daerah ini semakin sering disinggahi kapal yang membawa penumpang maupun logistik,” imbuh Budi.

Baca juga: Akses ke Ibu Kota Negara Baru Bakal Dilengkapi Tol Bawah Laut

Kapal ro-ro akan menjadi pelengkap dan pendukung dari program tol laut. Berikut, sejumlah kapal perintis yang selama ini beroperasi. “World Bank sudah setuju untuk memberikan bantua. Insyaallah, tahun depan atau paling lambat 2024 sudah jalan,” jelasnya.

Dalam tinjauannya ke Pelabuhan Tenau, Budi melihat kondisi pelabuhan dan proses bongkar muat Kapal milik PT Meratus, yang membawa sejumlah muatan untuk kebutuhan logistik di wilayah Kupang dan sekitarnya.(OL-11)
 

Baca Juga

Ist/Pertamina

Optimalkan Kinerja Operasi, Pertamina Komitmen Jaga Ketahanan Energi Nasional

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 11:17 WIB
Salah satu upaya optimal yang ditunjukkan oleh Subholding Upstream adalah keberhasilan Pertamina Hulu Rokan dalam melaksanakan alih kelola...
Istimewa

Dua Tahun Pandemi, Sampoerna Pertahankan Kinerja Positif 

👤mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 10:48 WIB
KINERJA positif Sampoerna selama pandemi covid-19 pada 2 tahun terakhir mendapat apresiasi dalam Ajang Indonesia Best Public Company Awards...
MI/Denny Susanto.

Dukung Percepatan Pemberantasan Pertambangan Ilegal

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 09:35 WIB
Komoditas utama yang menjadi sasaran ialah timah, emas, batu bara, dan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya