Sabtu 02 Juli 2022, 09:01 WIB

Komisi V DPR Dorong Pembangunan Bendungan Mujur Tepat Waktu

mediaindonesia.com | Ekonomi
Komisi V DPR Dorong Pembangunan Bendungan Mujur Tepat Waktu

Ist/DPR
Wakil ketua komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras.

 

WAKIL Ketua komisi V DPR RI Andi Iwan Darmawan Aras mengatakan tujuan pihaknya melakukan kunjungan kerja spesifik kali ini, khusus ke Kabupaten Lombok Tengah dalam upaya mendorong pemerintah pusat dalam hal ini PUPR untuk segera dapat melakukan pembangunan bendungan mujur tepat waktu.

"Ada beberapa tahapan tahapan dalam proses pembangunan ini, saat ini pemerintah pusat sudah melakukan proses 'Land Acquisiting  Resettlement Action Plan' (LARAP) dan desain yang sudah ada di tahun 2015 yang lalu tinggal dilakukan review yang Insya Allah akan menjadi dasar dalam proses penganggaran kedepannya." Kata Andi Aras usai pertemuan dengan Bupati lombok tengah beserta jajaran kementerian PUPR, NTB, Kamis, (30/6).

Keberadaan bendungan menjadi sangat penting tidak saja untuk mendukung sektor pertanian tetapi juga pasokan air bersih untuk Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Akan tetapi pembangunan bendungan yang berada dilombok tengah masih terkendala lahan meski proyek tersebut sudah direncanakan beberapa tahun lalu.

"Dari persoalan pembebasan lahan tadi ada beberapa, ada satu desa lagi yang sementara ini masih dilakukan tahap mediasi, kita tinggal mengharapkan bahwa permasalahan  permasalahan sosial yang selama ini timbul dari pemerintah daerah khususnya pemerintah kabupaten Lombok tengah sudah menyatakan komitmennya untuk dapat menyelesaikan permasalahan permasalahan sosial dalam arti pembebasan lahan," urai Andi Aras.

Baca juga: Puan: Tjahjo Sosok Menteri yang Sederhana

Proses pembangunan bendungan itu memakan waktu paling tidak 3 tahun sampai 5 tahun, lanjut Andi Aras menerangkan, berharap bahwa proses pembangunan itu dimulai  dan waktu tunggunya tidak lama lagi.

Jika lancar proses penganggaran  akan bisa terlaksana di tahun paling cepat di tahun 2023 dan ditahun 2024 sudah mulai pembangunan tahap awal minimal di wilayah tapak bendungannya.

"Harapan kita juga bendungan mujur ini bisa masuk kedalam program strategis nasional, Kami disini hadir dilombok ini sudah melakukan kunjungan kerja spesifik ke Lombok tentu sudah menjadi komitmen  besar kami untuk mempercepat pembangunan pekerjaan bendungan mujur ini bisa dilaksanakan," pungkasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

Antara

Sri Mulyani Minta Pertamina Kendalikan Konsumsi Pertalite

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 22:51 WIB
Hal itu penting untuk dilakukan agar beban subsidi dalam postur APBN tidak semakin membengkak. Diketahui, belanja untuk subsidi energi...
Ist

CreaVid Competition untuk Mendukung Industri Kreatif di Tanah Air

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 21:29 WIB
Lewat kreasi generasi milenial ini, publik diharapkan bisa lebih paham tentang investasi keuangan, agar masyarakat tidak mudah terpedaya...
Dok. Pribadi

Karya Desainer dan Arsitek Indonesia Ikut Warnai Pembangunan Bangsa

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 11 Agustus 2022, 20:47 WIB
Saat ini Karya Cipta para ahli Indonesia telah mencapai hasil desain yang cukup tinggi dan makin berkualitas dengan dukungan teknologi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya