Senin 09 Mei 2022, 22:00 WIB

Wapres: Pembangunan Jangan Korbankan Generasi Masa Depan

Emir Chairullah | Ekonomi
Wapres: Pembangunan Jangan Korbankan Generasi Masa Depan

Antara/Nyoman Hendra Wibowo
Wapres Ma'ruf AMin saat membuka Rakernas APPSI di Bali

 

WAKIL Presiden Ma’ruf Amin meminta seluruh pemerintah daerah bisa mengawal upaya mewujudkan pembangunan berkelanjutan yang menghasilkan kemakmuran tanpa mengorbankan kebutuhan generasi masa depan. Pemerintah daerah diharapkan mampu mengambil kebijakan yang lebih dekat dengan aspirasi rakyat.

“Sehingga, orientasi pembangunan di masa depan bersifat mendorong kegiatan ekonomi yang non-ekstraktif, ramah lingkungan, dan melibatkan partisipasi seluruh warga negara,” kata Ma'ruf saat membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) 2022 di Hotel Discovery Kartika Plaza, Bali, Senin .

Lebih lanjut Ma’ruf menyebutkan, setidaknya ada sejumlah hal yang perlu dilakukan pemerintah daerah untuk mengawal pembangunan yang berkelanjutan.

“Visi diterjemahkan ke dalam tujuan yang jelas, berani mengambil risiko dan melakukan inovasi, mendinamisasi birokrasi/organisasi, kolaborasi dengan multipihak, anggaran yang fokus kepada hasil dan kemitraan yang efektif antara sektor publik dan swasta,” paparnya.

Selain itu, tambahnya, diperlukan kerjasama dan kemitraan antar pemerintah provinsi serta pemangku kepentingan. 

“Pemerintahan yang efektif tidak sekadar melakukan intervensi, tetapi membangun misi dan kolaborasi dengan para pemangku kepentingan,” tegasnya.

Ma’ruf juga meminta agar pemerintah daerah mengubah paradigma dari sekadar menata (order) menjadi melayani/memenuhi (deliver) kebutuhan rakyat. 

Baca juga : Wapres Minta Pemprov Optimalkan APBD Untuk Penguatan Daya Beli Masyarakat

“Termasuk membangun interaksi dengan banyak pemangku kepentingan,” ungkapnya.

Sebelumnya, Ketua Umum APPSI Anies Rasyid Baswedan, melaporkan bahwa Rakernas ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menetapkan program kerja APPSI untuk tahun ini, dan menghasilkan rekomendasi APPSI untuk disampaikan kepada pemerintah pusat sebagai masukan untuk berbagai kebijakan dalam upaya meningkatkan pelaksanaan pemerintahan.

“Karena itu kami juga menyampaikan terima kasih kepada Pak Presiden dan Pak Wakil Presiden yang selama ini responsif terhadap aspirasi yang disampaikan oleh para Gubernur melalui berbagai forum, ketika ada forum dengan Presiden dan Wakil Presiden,” ungkap Anies.

Ia menambahkan, dalam rentang waktu dua tahun ini terdapat banyak regulasi mengalami perubahan yang memiliki implikasi yang cukup serius di daerah. 

Oleh karena itu, Anies berharap agar seluruh pembahasan yang dilakukan dalam Rakernas APPSI 2022 dapat menjadi masukan dan rekomendasi bagi pemerintah pusat.

“Kami berharap nantinya rekomendasi yang nanti dihasilkan akan bisa dibahas bersama untuk membuat jalannya roda pemerintahan menjadi lebih baik, sinkronisasi antara maksud, tujuan regulasi dengan kenyataan di lapangan juga terjadi lebih baik sehingga pada akhirnya bisa mendorong kemajuan, memberikan rasa keadilan bagi seluruh komponen masyarakat baik yang berada di pusat maupun berada di daerah," harapnya. (OL-7)

Baca Juga

dok.ant

Kenaikan Suku Bunga The Fed Longsorkan Saham-saham Teknologi

👤Fetry Wuryasti 🕔Selasa 24 Mei 2022, 09:55 WIB
MENURUTNNYA performa saham-saham sektor teknologi saat ini merupakan respon atas kenaikan suku bunga The...
Antara/Andika Wahyu

Incar 3,6 Juta Wisman, Sandiaga Minta Penambahan Jumlah Penerbangan

👤Insi Nantika Jelita 🕔Selasa 24 Mei 2022, 09:24 WIB
Sandiaga Salahuddin Uno berkoordinasi dengan Kemenhub mendorong maskapai asing menambah jumlah penerbangan internasional ke...
Dok.PJB

Kembangkan Puluhan UMK, PJB Raih Penghargaan ICSB

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 24 Mei 2022, 09:14 WIB
Hingga saat ini, tercatat terdapat 95 UMK yang merupakan CSR PT PJB yang tersebar di berbagai belahan Indonesia mulai dari Aceh, Riau,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya