Rabu 20 April 2022, 18:13 WIB

Harga Saham Kembali ke IPO, Saham GOTO bakal Senasib dengan BUKA?

Mediaindonesia.com | Ekonomi
Harga Saham Kembali ke IPO, Saham GOTO bakal Senasib dengan BUKA?

Antara/Muhammad Adimaja
Investor memperhatikan tampilan layan papan perdagangan BEI

 


Saham PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) nampaknya tidak sekuat yang digadang-gadang. 

IPO pada Senin (11/4) pekan lalu  dengan harga 338 per saham, capain tertingginya hanya di level 382 per saham (+13,02%) di hari pertama perdagangan.

Kemudian dalam perdagangan hari-hari selanjutnya, pergerakan menunjukan tren terus menurun. Pada perdagangan Rabu (20/4) saham GOTO ditutup pada level 338 per saham, kembali ke titik di kala IPO.

Hal ini menimbulkan spekulasi di pasar akankah saham GOTO bernasib sama dengan saham Bukalapak (BUKA)  yang telah IPO terlebih dahulu tahun lalu. Sebagai informasi, saat ini harga BUKA ada di Rp368 atau jauh di bawah harga IPO yakni Rp850. 
 
Kepala Ekonom Bank Mandiri Andry Asmoro melihat nasib GOTO akan jauh berbeda dengan saham Bukalapak . Sebab ekosistem yang dijangkau oleh GOTO jauh lebih luas, demikian pula kemitraannya.

"Investor akan cenderung melihat sejauh mana ekspansi bisnis dan jalin kemitraan GOTO, dibandingkan ruang bisnis BUKA yang terbatas pada e-commerce," kata Andry, Selasa (19/4).

Meski begitu, memang masih terkoreksinya saham GOTO juga menjadi bagian dari ramainya pemberitaan, membuat investor ritel tertarik, namun juga lekas kecewa melihat kinerja gerak sahamnya yang tidak langsung meroket. Namun bagi investor besar dalam melihat saham digital yaitu lebih kepada ekspektasi bisnis dalam 10 tahun ke depan. Sehingga harganya masih bertahan.

Pengamat dan pegiat pasar modal Teguh Hidayat sejak awal menyampaikan berdasarkan analisa fundamental, maka saham GOTO ini tidak direkomendasikan. Tapi karena promosinya sangat massive maka pada akhirnya tetap ada banyak orang yang membeli.

"Sebagian diantaranya dengan tujuan 'hit and run, yakni untuk langsung dijual lagi di beberapa hari pertama karena spekulasi sahamnya bakal ARA. Meski memang risikonya bisa saja. Tapi nyatanya GOTO ini justru turun ke bawah," kata Teguh. (E-1)

Baca Juga

Dok. Kementan

Jelang Idul Adha, Kementan Siapkan Kebutuhan Pangan di Wilayah DKI Jakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:59 WIB
Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (Mentan SYL) mengatakan, dukungan tersebut merupakan kerja nyata pemerintah dalam menjaga...
Dok. Pribadi

Legislator Minta Pengusaha CPO Utamakan Kebutuhan Minyak Goreng Dalam Negeri

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:52 WIB
"Di Indonesia saya melihat peran dari para pengusaha produsen CPO untuk lebih serius bagaimana pemenuhan kebutuhan minyak goreng dalam...
Dok. Wahyoo

Wahyoo dan Livin’ by Mandiri Kembali Gelar Sayembarasa untuk Pelaku UMKM Kuliner

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:12 WIB
Pendaftaran telah dibuka sejak 17 Juni hingga 3 Juli 2022. Wahyoo kemudian akan memilih 15 peserta untuk lanjut ke tahap Pitch Day &...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya